Rekom 5 Bahan Moisturizer untuk Skin Barrier yang Rusak

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:37:43 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Melembapkan kulit adalah langkah paling penting dalam rutinitas perawatan atau skincare. Apalagi ketika Anda mengalami kondisi skin barrier yang rusak.

Ada beberapa bahan moisturizer yang cocok untuk mengatasi skin barrier yang rusak.

Sebab ketika skin barrier atau lapisan pelindung kulit rusak, langkah hidrasi tidak akan banyak membantu lantaran air akan cepat menguap.

Jadi, cara yang paling mungkin adalah dengan mempertahankan air selama mungkin di kulit Anda. Itu sebabnya, penting untuk menutup kulit dengan pelembap.

Beberapa bahan yang disarankan dikutip dari laman Skinlibrary di antaranya seperti Ceramide, Niacinamide, Panthenol, dan Fatty Acids.

Selain itu mengutip laman HealthLine berdasarkan riset pada 2017, bahan moisturizer yang juga direkomendasikan untuk skin barrier yang rusak di antaranya yang mengandung asam hialuronat (Hyaluronic Acid), petrolatum atau gliserin.

Bahan Moisturizer untuk Skin Barrier yang Rusak

Kulit kering adalah masalah umum dan pelembap seringkali menjadi solusi yang direkomendasikan. Moisturizer oklusif akan membantu skin barrier mengurangi kulit Anda kehilangan air dan menahan kelembapan.

Berikut rekomendasi kandungan atau bahan moisturizer yang cocok untuk mengatasi skin barrier yang rusak.

Petrolatum
Petrolatum adalah salah satu bahan moisturizer yang direkomendasikan menurut para ahli karena dapat memblokir 99 persen kehilangan air dari kulit Anda.

Seperti pelembap oklusif, humektan juga dapat meningkatkan fungsi skin barrier atau lapisan penghalang kulit. Bahan ini bekerja dengan menarik air, baik dari lingkungan atau ke dalam tubuh Anda dan mengikatnya dalam skin barrier atau lapisan penghalang kulit.

Ceramide
Ceramide adalah lipid lilin yang ditemukan dalam konsentrasi sangat tinggi di stratum korneum yang merupakan skin barrier. Kandungan ini penting untuk berfungsi sebagai skin barrier agar kulit sehat.

Penelitian pada 2019 menunjukkan bahwa produk yang mengandung pseudo-ceramide dapat membantu mengatasi kekeringan, gatal atau kerak yang disebabkan skin barrier atau penghalang kulit yang rusak.

Pelembap yang kaya ceramide juga akan memperkuat struktur skin barrier dan akan sangat membantu jika kulit Anda berjerawat. Pada kulit yang rentan jerawat, skin barrier seringkali berisiko rusak atau terganggu sehingga membuat kulit kering dan memerah.

Niacinamide
Kandungan niacinamide atau disebut juga nicotinamide adalah bentuk vitamin B-3 yang merupakan nutrisi penting. Kandungan ini membantu mengatasi masalah kulit tertentu termasuk jerawat dan eksim.

Secara umum, niacinamide dapat membantu membangun protein di kulit dan menjaga kelembapan untuk mencegah kerusakan. Karena itu, kandungan ini direkomendasikan sebagai bahan moisturizer untuk skin barrier yang rusak.

Bahan ini juga dapat membantu pertumbuhan kembali skin barrier atau lapisan penghalang kulit Anda. Kandungan niacinamide menurut laman HealthLine bermanfaat untuk semua jenis kulit dan dapat mengurangi peradangan.

Hyaluronic Acid
Bahan yang mengandung asam hialuronat atau Hyaluronic Acid juga efektif menjaga kelembapan. Kandungan ini adalah komponen utama penyusun struktur kulit Anda dan bertanggung jawab untuk tampilan kulit kenyal juga terhidrasi.

Hyaluronic Acid mampu mengikat air hingga 1.000 kali dari beratnya. Ini artinya, HA berfungsi sebagai humektan dan menahan molekul air di permukaan agar kulit tetap terhidrasi dan dalam kondisi baik. Asam hialuronat juga mampu memperlambat laju penguapan air.

Panthenol
Panthenol atau asam pantotenat juga dikenal sebagai vitamin B-5 dan dapat diproduksi dari sumber tumbuhan maupun hewan. Untuk komestik, produsen produk kerap menggunakan panthenol sebagai pelembap.

Namun produk kosmetik lain juga memakai panthenol untuk melembutkan kulit, menenangkan dan mencegah iritasi. Kandungan ini juga membantu kulit Anda membangun skin barrier atau lapisan penghalang, serta menjaga agar tetap lembap.

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional mencantumkan panthenol sebagai pelindung kulit dengan sifat anti-inflamasi.

Kandungan ini dapat membantu meningkatkan hidrasi, elastisitas dan memperhalus tampilan kulit. Sehingga termaduk dalam daftar bahan moisturizer yang direkomendasikan untuk skin barrier yang rusak. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT