Universitas Medan Area Gelar PHP2D di Bawolowalani Nias Selatan

Jumat, 15 Oktober 2021 - 20:38:38 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Desa Bawolowalani Kec.Teluk Dalam Kab. Nias Selatan, salah satu Desa yang dipilih oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Medan Area dalam rangka melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan PHP2D yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi," jelas Mikael Irwan Susanto Sarumaha, ketua Tim PHP2D, kepada media ini Jumat (15/10/2021).

Tahun 2021 ini, Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Medan Area mendapatkan kesempatan untuk terlibat pada kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Beby Masitho Batubara S.Sos M.AP Dosen pembing PHP2D memaparkan peran orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka saat pembelajaran daring sangat diperlukan. Karena pada dasarnya orang tua memiliki tanggung jawab besar terhadap pengembangan kreasi berpikir dan pertumbuhan si anak, di samping pekerjaan rutinnya. Namun, apa jadinya jika orang tua memiliki keterbatasan pengetahuan dan pengalaman dalam mendampingi serta mengajari anak-anak mereka dalam mengikuti proses belajar daring. Maka akan berdampak pada kurangnya motivasi atau dorongan para orang tua terhadap anak-anak mereka. Oleh sebab itu, peran perguruan tinggi melalui unit kegiatan mahasiswa perlu melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara masyarakat Desa Bawolowalani. menyambut baik kegiatan Digital Mother School. "ini dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kelompok perempuan nelayan Desa Bawolowalani serta harapan kami kegiatan ini tetap berkelanjutan," jelas Irianus Sarumaha, kepala Desa Bawolowalani.

Setelah kegiatan sosialisasi selanjutnya tim melakukan pendataan masyarakat sasaran dan melaksanakan kegiatan seminar penyuluhan. Seminar tersebut dibuat dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan kepada kelompok perempuan nelayan terkait dengan teknis pelaksanaan Digital Mother School, materi yang akan diberikan, jadwal pelaksanaan hingga media yang digunakan. Selanjutnya akan dilakukan proses kegiatan Digital Mother School, jelas Servista Waruwu, Anggota PHP2D.[epianus]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT