Cara Dekor Kamar Tidur Anak agar Lebih Menarik

Rabu, 13 Oktober 2021 - 23:11:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Untuk membuat anak-anak merasa betah dan nyaman di kamar tidurnya, setiap orang tua perlu menciptakan dekorasi yang berkesan dan tak biasa. Saat mendekorasi kamar tidur anak, setiap detail kecil patut dipertimbangkan sehingga segala sesuatunya menjadi menarik. 

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menghasilkan dekorasi kamar tidur anak yang berkesan.  Dilansir dari Bright Side, Rabu (13/10/2021), berikut ini enam cara mendekorasi kamar tidur anak agar menarik dan berkesan.  

Untuk menciptakan ruangan yang disukai anak-anak selamanya, kamu harus berkonsentrasi pada sesuatu yang paling mereka sukai, yaitu permainan.  

Bangun dinding panjat tebing atau seluncuran tempat tidur susun. Gulung karpet bermain dan nikmati ayunan dalam ruangan. 
Jaring kargo yang digantung pada langit-langit juga dapat menjadi hiburan bagi anak-anak. Jaring ini tidak hanya mengundang bermain, tapi juga bisa membantu membakar energi anak-anak sebelum tidur.  

Anak-anak sering kali membuat kekacauan di rumah, termasuk kamar tidurnya. Untuk itu, buat banyak ruang penyimpanan di kamar tidur anak untuk meletakkan barang-barang. Namun, batasi jumlah furnitur untuk menghemat ruang lantai dan tambahkan penyimpanan vertikal seperti pengait dan rak buku dinding. 

Selain itu, manfaatkan penyimpanan internal di ambang jendela serta ruang di bawah tempat tidur.  

Cobalah memasukkan tanaman hijau ke desain kamar tidur anak. Tanaman menyediakan oksigen yang sangat dibutuhkan dan secara ilmiah terbukti meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, serta mempertajam perhatian. Namun, pastikan tanaman yang dipilih tidak beracun serta jauhkan dari jangkauan anak-anakmu melalui rak tinggi atau pot gantung. 

Adanya tanaman di kamar tidur anak dapat membuat anak terlibat untuk merawat tanaman bersama.  

Dorong kreativitas anak-anak dengan galeri seni yang mudah diperbarui sehingga mereka dapat menampilkan kreasinya. Kamu dapat mengubah lemari menjadi bingkai foto dan menempelkan karya seni ke dalamnya. 

Pencahayaan juga menjadi faktor penting dalam kamar tidur anak. Pastikan kamar tidur anak cukup gelap agar mereka lebih mudah tertidur. Lampu malam (night light) sangat menenangkan dalam kegelapan, tetapi harus ditempatkan rendah ke lantai dan tanpa menyinari langsung ke mata siapa pun. 

Gunakan lampu warna kuning hangat untuk saat kamu membaca cerita pengantar tidur. Selain itu, tambahkan keajaiban dengan lampu peri untuk menciptakan suasana yang menyenangkan ketika anak sedang berkumpul dengan teman-temannya.  

Sudut yang menyenangkan dimaksudkan sebagai tempat yang aman bagi anak untuk "melarikan diri". Dengan begitu, anak memiliki waktu sendiri yang berkualitas serta melepaskan semua perasaan mereka. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT