Cara Ampuh Melupakan Kenangan Bersama Mantan!

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:46:47 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kenangan masa lalu yang indah memang terkadang sulit untuk dilupakan. Saking indahnya, melupakan masa lalu dan membuka lembaran baru cenderung sulit dilakukan. Pasalnya, bagaimanapun juga, tidak semua orang bisa langsung bangkit ketika terjadi momen pahit dalam hidupnya.

Hal ini terjadi karena kondisi trauma masa lalu yang memang membekas dan sulit untuk dilupakan. Oleh sebab itu, simak 4 cara ampuh melupakan kenangan masa lalu.

1. Fokus pada kondisi saat ini dan masa depan

Hal buruk bisa terjadi kalau kamu terus-menerus terjebak dengan kenangan masa lalu. Kenangan itu bisa menjadikanmu pribadi yang sulit untuk berkembang. Sebab, hal itu justru membuatmu terlalu takut atau ragu dalam mengambil langkah.

Kenangan masa lalu memang ada yang baik maupun buruk. Ketika diri kita mengalami kejadian buruk pada masa lalu, ada baiknya jangan dijadikan beban yang membuatmu ketakutan. Namun, jadikan kenangan masa lalu untuk bahan pembelajaran supaya tidak terulang di masa depan.

2. Berdamai dengan kenangan masa lalu

Bagaimanapun juga, kondisi diri yang selalu terus-menerus mengingat apa yang telah terjadi di masa lalu terkadang justru malah akan sulit membuat bangkit dan memulai hal baru kembali. Hal ini terjadi disebabkan oleh diri kita yang terlalu fokus tentang kejadian tersebut.

Untuk bisa melupakannya, kamu harus berdamai dengan kenangan masa lalu tersebut. Ketika diri mau menerima kenyataan yang telah terjadi, justru kita mampu melupakan itu semua. Secara perlahan akan memudah dengan sendirinya.

3. Jangan hanya memandang dari satu sisi saja

Ketika mengahadapi persoalan dalam kehidupan, jangan hanya memandangnya dari satu sisi saja. Sebab, kalau hal itu terjadi, secara tidak sadar membentuk persepsi pada diri sendiri.

Pada saat menganggap sesuatu hal negatif, maka akan sepenuhnya hal tersebut adalah negatif, begitupun sebaliknya. Namun, ketika memandang dari banyak sisi, terkadang tidak semua terkesan buruknya saja, pasti ada hal baiknya juga.

4. Menyalahkan diri sendiri

Terus menyalahkan diri sendiri bukan jaminan kamu bisa terbebas dengan sendirinya. Sebaiknya, cobalah memaafkan kenangan masa lalu, sehingga lambat laun akhirnya bisa berdamai dan melupakan nya.

Berdasarkan ulasan di atas, ingin melupakan bayang masa lalu hanya bisa dilakukan oleh diri kita sendiri.  Oleh sebab itu, harus peduli kondisi diri sendiri supaya bisa bangkit dan membuka lembaran kehidupan yang baru, yuk move on! [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT