Cara Putihkan Wajah Secara Alami, Cepat dan Efektif

Rabu, 06 Oktober 2021 - 23:04:32 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Banyak orang yang mungkin memiliki warna kulit tidak merata. Seperti kulit lebih gelap di leher tetapi lebih cerah di wajah atau mengalami masalah pigmentasi yang berhubungan dengan paparan matahari. Bagaimana cara memutihkan wajah secara alami sehingga warnanya rata?

Pada umumnya, kontak dengan sinar matahari dalam waktu lama dapat membuat kulit kamu kering, kusam dan gelap. Terlebih lagi, menggunakan beberapa produk perawatan kulit kimia tertentu dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah yang sama.

Ada banyak produk pemutih kulit yang tersedia di pasaran, tetapi lebih dari setengahnya terbuat dari bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kulit kamu jika digunakan dalam waktu lama. Selain itu bahan kimia tersebut dapat menyebabkan banyak efek samping pada kulit, seperti kulit kusam, warna kulit tidak merata atau jerawat.

Ingin mencoba yang lebih natural? Berikut cara memutihkan wajah secara alami:

1. Yoghurt
Yoghurt merupakan makanan probiotik dengan bahan dasar susu yang mengandung banyak nutrisi penting untuk kulit kamu. Khususnya, asam laktat dalam yogurt memiliki kandungan melembabkan dan mencerahkan yang membuat probiotik ini menjadi obat perawatan kulit yang baik untuk wajah. Masker yogurt membantu mencegah munculnya bintik-bintik dan noda di kulit, sehingga wajah tampak awet muda dan bercahaya.

Ada banyak cara untuk menggunakan yogurt untuk perawatan wajah. Salah satunya dengan menggosok lembut yogurt pada wajah dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Perawatan ini bisa dilakukan sekali setiap hari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Jeruk
Cara memutihkan wajah secara alami berikutnya adalah dengan jeruk. Buah jeruk kaya akan vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk perawatan kulit. Selain itu, jeruk mengandung sifat pemutihan yang ampuh dalam mencerahkan warna kulit. Mengonsumsi jus jeruk segar secara teratur dapat memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya tetap kenyal. Kamu dapat menggunakan jeruk dengan dua cara untuk mencerahkan kulit.

Cara pertama adalah dengan mengoleskan campuran dua sendok makan jus jeruk dengan sejumput bubuk kunyit ke wajah dan leher sebelum tidur. Campuran ini juga bisa digunakan untuk tangan dan kaki. Biarkan selama 20 - 30 menit sebelum membilasnya. Lakukan setiap hari.

Sebagai alternatif, kamu dapat membuat pasta dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk kering dengan satu sendok makan yogurt tawar dan mengoleskannya ke wajah. Cuci atau bilas masker wajah campuran jeruk dan yogurt itu setelah 15 - 20 menit. Masker ini dapat membantu mengurangi bintik-bintik pada kulit wajah. Lakukan sekali atau dua kali seminggu secara teratur dan jangan lakukan lebih dari itu.

3. Tepung gram atau Tepung besan
Cara mencerahkan wajah kusam secara alami bisa dengan tepung gram. Ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mencerahkan kulit dengan aman, efektif dan alami yang tidak membahayakan kesehatan kulit wajah.

Tepung gram adalah bahan padat nutrisi yang tidak hanya membantu mencerahkan kulit wajah tetapi juga membuatnya sangat sehat. Masker dari tepung gram berguna dalam menghilangkan minyak berlebih di wajah sekaligus menjaganya agar tetap lembap secara alami.

Untuk membuatnya kamu perlu membuat pasta kental dari beberapa gram tepung yang dicampur dengan sedikit air mawar atau air tawar dan oleskan pasta ini ke kulit di area wajah, tangan, dan kaki. Biarkan kering sebelum membilas pasta dengan air.

4. Madu
Madu adalah bahan perawatan kulit yang luar biasa yang memiliki sifat mencerahkan dan melembabkan. Madu juga membantu mengatasi masalah ketidakseimbangan warna kulit yang berhubungan dengan kekeringan. Juga, bahan alami ini kaya akan sifat antibakteri yang membantu memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik penuaan pada kulit.

Ada banyak cara menggunakan madu untuk mencerahkan kulit wajah kamu. Cara pertama adalah dengan langsung mengoleskan madu murni ke wajah dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Masker madu membantu menarik sel-sel kulit mati dan memberi kulit yang lebih segar dan cerah. Lakukan perawatan ini sekali sehari.

Cara lain untuk menggunakan madu adalah dengan membuat masker pencerah kulit. Kamu perlu mencampur satu sendok teh madu dengan satu sendok teh jus lemon, setengah sendok teh minyak almond dan satu sendok teh susu bubuk. Oleskan campuran tersebut dengan lembut ke kulit. Biarkan selama 10 - 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan setiap hari.

5. Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Lemon
Lemon mengandung sifat asam yang membantu memutihkan kulit wajah. Lemon juga kaya akan vitamin C yang merangsang produksi sel baru. Selain itu, buah ini memiliki antioksidan yang sangat penting untuk warna kulit.

Cara memutuihkan wajah secara alami dan cepat dengan lemon, kamu dapat memeras lemon untuk mengambil airnya. Kemudian celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan ke wajah. Atau kamu bisa langsung mengoleskan irisan lemon pada kulit wajah. Biarkan lemon tersebut di wajah setidaknya selama satu jam sebelum membilasnya dengan air dan lakukan setiap hari. Metode ini membantu mencegah munculnya bekas luka di wajah kamu dan mencerahkan warna kulit.

Sebagai alternatif, bisa dengan mencampur tiga sendok teh jus lemon dan satu sendok teh bubuk kunyit untuk dioleskan ke kulit. Biarkan masker tersebut di wajah selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air, dan lakukan setiap hari.

Atau bisa dengan mengoleskan campuran satu sendok teh jus lemon, satu sendok teh susu bubuk dan satu sendok teh madu selama 15 - 20 menit lalu bilas. Lakukan setiap hari. Namun jangan gunakan jus lemon saat wajah sedang luka.

6. Lidah Buaya
Lidah buaya aktif dalam menghilangkan hiperpigmentasi, salah satu faktor utama yang menyebabkan ketidakseimbangan warna kulit, dan mengembalikan warna asli kulit. Ini juga memiliki efek pendinginan yang membantu memulihkan jaringan yang rusak dan meregenerasi sel-sel baru, menjaga kulit tetap sehat.

Ambil beberapa lembar daun lidah buaya dan kupas lapisan luarnya. Peras untuk mendapatkan gel kental seperti jeli dan oleskan ke kulit wajah kamu lalu biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Lakukan dua kali sehari selama dua minggu untuk memperbaiki warna kulit.

7. Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Pepaya
Bahan ini secara teratur digunakan dalam banyak perawatan kecantikan, termasuk mencerahkan warna kulit wajah. Berkat sifat pemutihan alami dan banyak nutrisi penting lainnya, pepaya mampu membuat kulit bersinar dan sehat. Cara paling sederhana adalah makan buah pepaya.

Cara lainnya, potong pepaya untuk mengambil bagian dalam kulit pepaya untuk dioleskan pada wajah dan biarkan hingga kering. Kemudian, gunakan air dingin untuk membilas wajah kamu dan keringkan.

8. Kunyit
Cara memutihkan wajah secara alami bisa dengan kunyit. Kunyit bisa mempertahankan warna kulit yang seimbang dengan kandungan melaninnya. Kunyit juga mengandung sifat antioksidan dan antiseptik yang menjaga kulit tetap sehat.

Ada dua solusi ampuh yang bisa diikuti untuk membuat wajah cerat dengan kunyit. Pertama, kamu bisa membuat pasta kental dari krim susu dan bubuk kunyit untuk dioleskan ke kulit lalu biarkan kering dan bersihkan kembali dengan air hangat.

Cara lain adalah membuat masker dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh jus lemon dan dua sendok teh tepung gram dan oleskan pada kulit wajah. Biarkan masker selama 20 - 25 menit sampai kering. Bersihkan masker dan cuci kembali wajah dengan air hangat.

9. Timun
Ada alasan kenapa timun bisa menjadi cara memutihkan wajah secara alami. Sayuran ini mengikat kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Timun juga mengandung efek pendinginan ketika diterapkan pada kulit. Menyenangkannya timun cocok untuk setiap jenis kulit, bahkan kulit sensitif.

Cara paling umum untuk menggunakan timun sebagai perawatan wajah adalah meletakkan irisan mentimun di wajah dan membiarkannya selama beberapa menit, lalu melepasnya dan mencuci muka dengan air hangat. Cara lain adalah membuat masker penghilang flek dengan mencampurkan madu dan parutan mentimun lalu oleskan pada leher dan wajah, diamkan masker selama 15 - 20 menit lalu gunakan air dingin untuk membilasnya.

Atau kamu juga bisa mengoleskan campuran satu sendok teh jus mentimun dan satu sendok teh jus lemon, biarkan selama 15 - 20 menit lalu bilas campuran dengan air.

10. Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Oatmeal
Oatmeal bukan hanya bisa menjadi makanan sehat untuk membantu menurunkan berat badan. Kamu juga dapat memutihkan wajah secara alami dengan makanan ini.

Oatmel dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan memperbaiki warna kulit. Oatmel juga dapat mengelupas kulit, membuatnya tetap lembut dan kenyal.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan oatmeal, pertama, buat campuran oatmeal dan jus tomat untuk dioleskan ke kulit dan biarkan campuran masker tersebut selama 20 menit sebelum dicuci dengan air dingin. Saat mencuci, gosok kulit dengan lembut untuk menarik sel kulit mati keluar dari kulit. Lakukan setiap hari.

Sebagai alternatif, buat pasta dari satu sendok teh bubuk oatmeal, sejumput kunyit dan beberapa tetes jus lemon untuk dioleskan ke kulit wajah kamu dan biarkan kering. Kemudian, bilas masker dengan air.

Itu tadi 10 cara memutihkan wajah secara alami yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba, semoga cara alami ini dapat membantu kamu mendapatkan warna kulit wajah yang cerah, segar dan sehat. [wlp]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT