Inilah Sejumlah Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Senin, 04 Oktober 2021 - 00:00:27 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sambiloto memiliki banyak manfaat kesehatan . Mulai dari meredakan demam hingga menurunkan gula darah tinggi. Tanaman herbal ini sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional karena dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sambiloto mengandung zat aktif yang disebut andrografolida pada bagian batang dan daun yang memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Tanaman ini juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti saponin, terpenoid, tanin, dan flavonoid.

Berkat kandungan tersebut, sambiloto kerap dimanfaatkan untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga daya tahan tubuh. Tanaman ini bahkan digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala pilek.

Meski rasanya pahit, ada banyak manfaat sambiloto untuk kesehatan. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Alodokter, Senin (4/10/2021).

1. Meredakan Demam

Demam merupakan salah satu reaksi tubuh yang terjadi akibat peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi , misalnya karena bakteri atau virus.

Daun sambiloto merupakan salah satu obat pereda demam alami. Ini berkat efek antiradang, antibakteri, dan antivirus yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut.

2. Perkuat Daya Tahan Tubuh

Sambiloto diketahui bermanfaat meningkatkan kerja sistem imun tubuh . Tanaman ini dapat memperbaiki dan merangsang kinerja sel-sel darah putih, sehingga lebih efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi.

Ekstrak sambiloto juga dapat meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam mendeteksi dan membasmi sel-sel kanker di dalam tubuh.

3. Meringankan Gejala Flu

Penelitian menunjukkan sambiloto bermanfaat untuk meredakan gejala flu seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek, serta mempercepat proses pemulihan. Manfaat ini berasal dari zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Untuk memaksimalkan manfaat sambiloto tersebut, Anda bisa memilih suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Sambiloto yang dikonsumsi sebagai jamu, teh herbal, atau suplemen juga dapat menurunkan tekanan darah . Tanaman ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi sambiloto, apabila sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan sambiloto bisa menimbulkan efek samping berupa penurunan tekanan darah secara drastis atau hipotensi.

5. Menurunkan Gula Darah

Ekstrak sambiloto dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, serta mendukung efektivitas pengobatan diabetes dengan metformin. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, sambiloto juga berpotensi menimbulkan efek samping berbahaya, yaitu hipoglikemia. [sin]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT