Inilah Sejumlah Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Jumat, 01 Oktober 2021 - 22:10:39 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com- Pisang adalah buah yang kaya nutrisi dan enak. Selain rasanya yang enak, pisang bisa menjadi pilihan makanan selingan yang tidak membuat gemuk. 

Dilansir dari Healthline, berikut manfaat pisang untuk kesehatan. 

1. Menyehatkan saluran pencernaan 
Pisang merupakan buah yang kaya serat dan bermanfaat untuk saluran pencernaan. Selain itu, beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa pisang bisa mencegah kanker kolon. 

2. Membantu menurunkan berat badan 
Pisang merupakan buah yang mengenyangkan dengan kandungan kalori yang sedikit. Rata-rata satu buah pisang hanya mengandung 100 kalori. Karena pisang membuat lebih kenyang, ini akan membantu menurunkan nafsu makan. Selain itu, studi menyebutkan bahwa memakan makanan yang kaya serat, seperti pisang, mampu menurunkan berat badan. 

3. Membantu menjaga tekanan darah 
Sebuah pisang berukuran sedang mampu memenuhi 9 persen kebutuhan potasium harian. Potasium terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, orang yang mencukupi kebutuhan potasium bisa menurunkan 27 persen risiko terkena penyakit jantung. 

4. Kaya akan antioksidan 
Buah dan sayur adalah sumber antioksidan yang paling baik, termasuk pisang. Antioksidan merupakan senyawa yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Dua antioksidan yang paling utama terkandung di dalam pisang adalah dopamin dan katekin. Dopamin adalah antioksidan yang mempengaruhi hormon dan suasana hati. 

5. Meningkatkan sensitivitas insulin 
Pisang yang masih mentah kaya akan pati resisten. Mengonsumsi pati resisten 15 sampai 30 gram per hari mampu meningkatkan sensitivitas insulin sebanyak 33 sampai 50 persen dalam 4 minggu. Meningkatnya sensitivitas insulin akan membantu menjaga gula darah tetap normal. Ini sangat bermanfaat untuk penderita diabetes. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT