Mengenal Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Kaya Nutrisi

Rabu, 29 September 2021 - 20:13:34 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sawi putih merupakan salah satu sayuran yang akan dengan mudah kalian temui di pasar-pasar. Sawi putih biasanya dihidangkan dengan cara direbus atau dimasak bersama sayur-sayuran lain menjadi capcay. Selain memiliki rasa yang sedap dan khas, sawi putih ternyata kaya akan kandungan nutrisi yang mampu berikan manfaat bagi kesehatan.

Selain memberi manfaat kesehatan secara universal, sawi putih diklaim memiliki manfaat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Sawi putih sendiri juga dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki kalori rendah tetapi padat nutrisi.

Sawi sebagai salah satu sayuran rendah kalori dan lemak, memiliki nutrisi berupa karbohirat, serat, protein, vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin K, vitamin E, mineral kalium, mineral kalsium, mineral fosfor, magnesium, zat besi dan juga zinc. Dengan segudang nutrisi tersebut, tentunya tidak diragukan lagi bahwa sawi putih memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Lalu apa saja manfaat baik tersebut? Yuk simak informasinya dibawah ini:

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam sawi putih diklaim mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Dengan kekebalan tubuh yang terjaga, tentunya dapat menjadi bekal yang baik untuk menjalani hidup sehat. Terlebih lagi pada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih rentan, mengonsumsi sawi putih tentunya akan sangat membantu.

2. Menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata merupakan salah satu investi penting bagi setiap orang. Setiap keindahan, pembelajaran dan apapun yang terjadi di dunia seseorang, kuncinya adalah menggunakan mata yang sehat. Dengan mengonsumsi sawi putih yang mengandung vitamin A dan beta karoten, tentunya akan sangat baik untuk menjaga kesehatan matamu.

3. Mencegah konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar tentunya menjadi salah satu hal yang akan mengganggu aktivitas seseorang. Mengonsumsi sawi putih secara rutin dapat menjadi langkah preventif atas konstipasi ataupun sembelit. Hal ini dikarenakan sawi putih mengandung serat yang baik, dimana mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus, sehingga risiko sembelit menjadi lebih kecil.

4. Tulang lebih sehat

Kalsium dan vitamin K yang terkandung dalam sawi putih mampu memberikan manfaat berupa menjaga kesehatan tulang, kepadatan tulang bahkan mencegah risiko osteoporosis.

Nah, itu dia manfaat sawi putih bagi kesehatan tubuh. Pada umumnya, sayuran memang dikenal sebagai bahan makanan sehat yang penuh nutrisi baik. Tetapi sawi putih, mampu menghadirkan banyak nutrisi dalam cita rasanya yang khas. Jadi, rutin mengonsumsi sawi putih tentunya bisa membantumu untuk menjaga kesehatan tubuhmu. [suara]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT