Tips Renovasi Rumah dengan Dana Terbatas 

Ahad, 26 September 2021 - 01:18:33 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Merenovasi rumah menjadi salah satu jalan untk membuat rumah yang sudah usang menjadi baru kembali. Selain membuat tampilannya menjadi lebih menarik, renovasi rumah juga bisa meningkatkan kenyamanan dan nilai dari rumah itu sendiri. Namun sayangnya merenovasi rumah seringkali membutuhkan uang yang tidak sedikir. 

Untuk itu, kamu harus menentukan anggaran dan rencana agar renovasi rumah sesuai dengan dana yang kamu miliki. Beberapa perencanaan strategis mengenai desain, bahan dan waktu pengerjaan akan membantumu agar tak berbelanja melebihi anggaran yang sudah kamu tetapkan. 

Selain membuat perencanaan, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin melakukan renovasi rumah dengan anggaran tebatas seperti dilansir dari Roohome, Sabtu (25/9/2021).  

1. Perbaiki pintu depan 
Langkah pertama adalah mengubah pintu depan untuk membuat kesan pertama yang luar biasa pada siapapun yang datang berkunjung. Karena pintu depan yang bergaya akan langsung menambah daya tarik dair hunianmu. 

Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri dengan membeli cat baru untuk mengubah tampilan pintu yang kusam menjadi lebih segar Sekalipun ternyata pintu depan tidak dapat diperbaiki, sebaiknya berinvestasi di pintu baru untuk membuat dampak yang besar. Kamu bahkan dapat mendesainnya sendiri dan membuatnya sesuai pesanan. 

2. Cat lantai kayu Jika kamu menggunakan lantai kayu, kamu bisa mengubah penampilan rumah dengan mengecatnya dengan warna yang baru.   

3. Cat dinding putih 
Banyak orang takut mengecat dinding dengan warna putih karena mengira itu akan cepat kotor, tetapi putih adalah warna klasik dan abadi.   

Warna ini memiliki kekuatan untuk menyegarkan ruangan dan jika kamu ingin melakukan renovasi dengan anggaran terbatas, tetap menggunakan warna putih adalah cara yang harus dilakukan. Apapun gaya rumahu, dinding putih bisa melengkapinya, baik itu bergaya rustic atau modern. 

Jika kamu takut ruangan menjadi tampak membosankan, kamu bisa memadukan warna putih dengan warna pastel atau warna bold seperti abu-abu tua.  

4. Perbarui kamar mandi 
Perbaikan yang bisa kamu lakukan sendiri lainnya adalah mengubah kamar mandi. Kamu bisa mengganti keran lama dan memasang alternatif tapware baru dan bergaya – detail kecil yang dapat langsung mempercantik kamar mandimu. Atau, jika kamu ingin perubahan yang sedikit lebih besar, tambahkan shower pada kamar mandi dan tingkatkan tekanannya. 

5. Ubah dapur 
Kamu bisa mengubah atau merenovasi meja dapur. Tak perlu melakukan perubahan besar, kamu bisa melakukan hal sederhana yang tentu dengan anggaran terbatas. Kamu bisa mengganti taplak meja  dapur atau menambahkan vas atau pot tanaman sederhana. Kamu juga bisa menambahkan stiker dinding yang murah dan juga mudah dipasang sendiri. 

6. Pesan rak atau lemari 
Tidak pernah ada ruang penyimpanan yang cukup, jadi manfaatkan setiap centi meter di ruang tamu dengan membangun rak yang dipesan lebih dahulu atau custom. Dengan memesannya, rak atau lemari akan dibuat sesuai dengan lekuk dan ukuran ruanganmu. 

Akhirnya, kamu dapat memperbarui tempat tidur sofa atau sofa lama dengan penutup kain baru yang keren. Bahkan perabot yang sentimental akan mendapatkan gaya baru dengan pelapis baru yang apik. Pilih bahan yang tak muda kotor dan bisa dicuci agar kamu tak kesulitan untukmembersihkannya kelak. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT