Cara Membuat Dapur Bersih dan Rapi Sepanjang Hari

Jumat, 24 September 2021 - 21:12:21 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Dapur menjadi area paling sibuk di rumah karena ada beragam kegiatan yang dilakukan, dari memasak, menyiapkan sarapan, makan siang, hingga makan malam.  

Hal ini membuat dapur rentan kotor, berantakan, dan menjadi tempat berkumpulnya hama dan serangga karena banyaknya sisa-sisa makanan yang terjatuh.  

Melansir dari Apartment Therapy, Jumat (24/9/2021), berikut ini beberapa cara membuat dapur lebih bersih dan rapi sepanjang hari.

Segera mencuci piring kotor

Salah satu kebiasaan yang buruk membuat dapur kotor dan terlihat berantakan adalah meninggalkan piring kotor di wastafel. Tumpukan piring dan peralatan masak yang kotor di wastafel dapat menyulitkan Anda untuk memasak atau melakukan pembersihan pada makan malam.  

Untuk menjaga dapur tetap bersih sepanjang hari adalah segera mencuci piring dan peralatan masak sehabis makan. Meninggalkan piring kotor di wastafel dapur tak hanya merusak pemandangan, tapi juga dapat mengundang hama masuk ke dapur.  

Gunakan mesin pencuci piring dengan bijak

Jika memiliki mesin pencuci piring, ada baiknya menggunakannya dengan bijak, yakni tidak terlalu membebani mesin tersebut dengan banyak tumpukan piring kotor.

Daripada mengambil risiko kemacetan piring kotor saat mesin pencuci piring dijalankan pada waktu yang tidak tepat, biasakan untuk menjalankannya pada waktu yang sama setiap hari.  

Nyalakan mesin pencuci piring setiap malam setelah makan malam atau setelah piring sarapan dibersihkan. Tetapkan juga waktu dalam rutinitas Anda untuk mengosongkan mesin pencuci piring.

Dengan cara ini, mesin pencuci piring akan selalu siap untuk mencuci piring kotor yang selalu datang. Selain itu, memiliki tempat untuk menaruh piring kotor dapat membuat dapur tetap rapi dan bersih.  

Hindari merendam panci

Meski merendam panci sebelum dicuci dapat memudahkan pembersihkan, membiarkan merendam panci terlalu lama dapat membuat dapur terlihat lebih berantakan. Jadi, usahakan membersihkan panci dan wajan terlebih dahulu sehingga memiliki ruangan lebih untuk membersihkan piring lainnya.  

Kosongkan rak piring sebelum mencuci piring

Terakhir, cara membuat dapur lebih bersih dan rapi adalah mengosongkan rak piring sebelum mencuci piring. Anda mungkin terbiasa menumpuk piring cuci di rak piring samping wastafel hingga hampir penuh. Padahal, hal ini bisa membuat dapur terlihat lebih berantakan. Untuk itu, setelah piring dan peralatan makan lainnya kering di rak sampaing wastafel, segera masukkan ke rak atau lemari dapur. [kmc]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT