4 Manfaat Sagu, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama 

Selasa, 21 September 2021 - 21:42:57 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Tepung sagu merupakan pangan asli Indonesia yang berasal dari batang pohon. Sagu sering diolah menjadi makanan tradisional, seperti papeda dan ongol-ongol. Namun, demikian sagu juga dapat diolah menjadi makanan modern seperti tepung salut untuk gorengan, panna cotta, atau pasta.  

Olahan makanan dari sagu ini yang dibuat oleh Food Technologist ANJ, Ilham Billy dan Siva Febidamara.  Mereka juga menjelaskan manfaat konsumsi sagu dalam Live Instagram “GEDOR (Grebek Dapoer)” bersama Foodplace, Jumat (17/9/2021), seperti berikut: 

1. Membuat kenyang lebih lama 
Sebagai salah satu pengganti nasi yang juga mengandung karbohidrat, sagu bisa membuat orang yang mengonsumsinya kenyang lebih lama. 

"Bisa, karena ada indeks glikemik yang terdapat pada sagu berada pada tingkat sedang dan rendah," jelas Ilham Billy.

Tingkat indeks glikemik ini membuat sagu akan dicerna lebih lama sehingga membuat kenyang lebih lama 

2. Baik untuk penyakit lambung 
Mengonsumsi sagu juga ternyata baik untuk kesehatan yaitu dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit lambung. 

Billy menjelaskan konsumsi sagu dapat dilarutkan dalam air hangat untuk mengatasi penyakit lambung. 

3. Berguna untuk orang diabetes 
Manfaat lain yang dapat diperoleh dari sagu yaitu berguna bagi mereka yang memiliki diabetes. Indeks glikemik sagu yang rendah berpengaruh pada kadar gula dalam darah, sehingga dapat menaikkan kadar gulasecara perlahan. 

4. Baik untuk pertumbuhan anak 
Sagu juga kaya akan zat besi, kalsium, dan magnesium yang baik untuk kekuatan tulang dan sendi.  Siva menyebutkan sagu sangat baik dikonsumsi anak-anak khususnya yang sedang dalam masa pertumbuhan. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT