7 Alasan Pentingnya Membuat Catatan Keuangan Bisnis

Ahad, 19 September 2021 - 21:45:50 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ketika memutuskan terjun di dunia bisnis, berarti Anda siap untuk mengelola keuangan secara profesional. Bagaimanapun bisnis yang dijalankan dalam tingkatan skala besar, sedang, atau kecil sekalipun butuh pengelolaan keuangan yang baik. Karena dari pencatatan transaksi itulah nantinya akan dibuat laporan keuangan yang berguna untuk menilai kondisi dan perkembangan bisnis yang dijalankan. Jadi, setiap alur transaksi keluar dan masuk harus tercatat dengan jelas dan disertai bukti transaksi.

7 Alasan Pentingnya Membuat Catatan Keuangan Bisnis

Sukses tidaknya sebuah bisnis bukan dinilai dari besarnya modal yang dikeluarkan, tapi dari selisih modal dengan keuntungan penjualan. Untuk mengetahui hasil perhitungan tersebut, dapat dilihat dari catatan keuangan. Ketika catatan keuangan berantakan, maka sulit melihat progress bisnis tersebut. Sesimpel itu alasan dasar pentingnya membuat catatan keuangan bagi bisnis. Lebih lengkap, berikut 7 alasan mengapa bisnis wajib membuat catatan keuangan.

  1. Memberi Informasi Laba Rugi

Tanpa adanya catatan keuangan bisnis, mustahil dapat mengetahui apakah usaha sedang dalam kondisi laba atau rugi. Bisa dibilang, faktor ini merupakan alasan utama sebuah bisnis wajib memiliki catatan keuangan yang baik dan benar.

  1. Menggolongkan Pendapatan dan Pengeluaran

Sebuah bisnis memiliki banyak sumber pendapatan dan pengeluaran. Dengan adanya catatan keuangan bisnis, dapat dikaji ulang bagian mana sumber pendapatan potensial dan memangkas pengeluaran yang tidak diperlukan.

  1. Berguna Saat Pelaporan Pajak

Setiap badan usaha yang telah mengantongi Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP mempunyai kewajiban untuk melaporkan transaksi keuangan sebagai pertanggungjawaban dalam bentuk pajak negara. Yaitu dengan melampirkan catatan keuangan (laporan keuangan) dalam satu tahun terakhir.

  1. Mengetahui Cash Flow

Catatan keuangan usaha perusahaan atau organisasi profit tentu tidak sesederhana catatan keuangan personal (perorangan). Ada poin penting yang harus diperhitungkan, seperti pinjaman, piutang, aktiva tetap, beban operasional dan lainnya. Inilah yang disebut dengan cash flow. Dengan adanya catatan keuangan bisnis, maka cash flow dapat berjalan dengan lancar dan dapat dilacak riwayatnya.

  1. Perencanaan Bisnis

Catatan keuangan bisnis dapat menentukan strategi untuk perencanaan bidang usaha dimasa yang akan datang. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran kondisi bisnis dan menjadi tolak ukur untuk mengambil keputusan. Kondisi ini juga digunakan untuk pengambilan keputusan internal, seperti kenaikan gaji karyawan, pemberian bonus, membuka cabang baru, atau menambah jumlah karyawan.

  1. Alat Mengajukan Pinjaman

Ketika usaha yang dijalankan akan melakukan ekspansi dan membutuhkan pinjaman modal melalui bank atau KUR, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah pembukuan keuangan. Pihak bank atau pemberi modal akan melihat kondisi keuangan melalui pembukuan dalam periode tertentu.

  1. Memisahkan Harta Pribadi dengan Modal Bisnis

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan dalam menjalankan bisnis adalah tidak terjadi pemisahan harta antara dana pribadi dan modal usaha. Meski berasal dari kantong yang sama, harus mempunyai rekening yang berbeda. Dengan adanya catatan keuangan diharapkan tidak terjadi percampuran aset bisnis dalam kehidupan pribadi dan organisasi.

Cara Membuat Catatan Keuangan Bisnis

Beberapa usaha kecil menengah (UKM) telah mengaplikasikan catatan keuangan secara manual. Namun, yang perlu Anda diketahui dengan bantuan teknologi, pencatatan ini semakin mudah. Hanya dengan menggunakan fitur yang disediakan aplikasi Senyumku, salah satunya fitur Catat. Keunggulan fitur ini menawarkan dua metode pencatatan, yaitu Basic dan Bank Fetching.

Pencatatan basic hanya bisa dilakukan untuk akun e-wallet yang langsung tersimpan setelah selesai melakukan transaksi. Kategori berdasarkan pengeluaran, pemasukan dan transfer ke sesama wallet-mu. Sementara, metode fetching memudahkan untuk mencatat transaksi keuangan di bank pilihan dari akun (bank account) yang akan secara otomatis tercatat.

Informasi tambahan, Senyumku merupakan produk besutan PT Bank Amar Indonesia Tbk. perusahaan pengembangan bank digital di Indonesia yang diakuisisi oleh perusahaan multinasional Tolaram Group. Legalitasnya telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mencatat keuangan bisnis merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjadi pengusaha sukses. Jadi, cobalah untuk memulainya dengan membuat catatan praktis melalui aplikasi Senyumku. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT