Begini Cara Menanam Bunga Kaktus dalam Pot

Jumat, 17 September 2021 - 23:52:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kaktus adalah tanaman berbunga dari famili Cactaceae yang biasa ditemukan di daerah-daerah kering seperti gurun. Meski begitu, tanaman kaktus saat ini sudah mudah didapat dan bisa ditumbuhkan di dalam pot. 

Menanam kaktus dalam pot memiliki banyak kelebihan seperti dapat memnjadi elemen dekoratif di rumah, memberikan sentuhan alam, dan membantu menjernihkan udara.  

Beberapa teori feng shui juga menunjukkan bahwa kaktus mewakili keseimbangan dan perlindungan bagi penghuni rumah.  Namun, tanaman kaktus lebih baik diletakkan di teras, halaman, atau jendela untuk menghalau energi buruk yang ingin masuk ke rumah. Nah, jika tertarik menanam kaktus dalam pot, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menanamnya.

Dilansir dari Decor Tips, Jumat (17/9/2021), berikut ini cara menanam kaktus dalam pot. Ada dua cara menanam kaktus dalam pot, yakni menanam dari biji dan menanam dengan stek. 

Dua cara ini mudah dan sederhana, tetapi membutuhkan banyak perhatian untuk menghindari kesalahan. Namun, jika mengikuti instruksi dan menaruh banyak cinta ke dalamnya, kamu pasti dapat menumbuhkan kaktus dengan sempurna.  

Menanam kaktus dari biji Cara menanam kaktus dari biji bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga satu tahun penuh untuk berkecambah. Agar memakan waktu sesedikit mungkin, tetapi dengan hasil baik, gunakan media tanam dan pupuk yang baik atau organik.  

Kamu hanya perlu mendapatkan pot dan mengisinya dengan media tanam yang cukup banyak, yang sudah dicampur dengan pupuk. Kemudian, letakkan benih kaktus di bagian bawah dan tutupi dengan lebih banyak tanah. 

Kaktus tidak perlu disiram terus-menerus, tetapi pada tahap ini, akan membutuhkan lebih banyak perhatian. Periksa media tanam dan tambahkan jumlah air yang baik setiap 15 atau 20 hari. 

Menanam kaktus dalam pot dengan cara stek Jika sudah memiliki kaktus dewasa yang bisa distek, potong beberapa dan biarkan mengering pada suhu ruangan tanpa sinar matahari langsung. 

Kamu dapat menyirami kaktus setiap minggu, tetapi dalam jumlah sedang sehingga akan menghindari kelebihan air dan merusaknya.  

Masukkan media tanam dan pupuk ke pot dan lanjutkan menanam dari stek. Pilih pot di mana kamu dapat menyirami media tanam dengan baik dan agar akar stek memiliki ruang yang cukup. 

Setelah sekitar empat minggu, kaktus yang distek akan memiliki akar yang cukup kuat untuk ditransplantasikan ke pot untuk bisa berkecambah sepenuhnya. 

Semua tanaman membutuhkan perawatan khusus untuk mencapai perkembangan yang baik. Beberapa membutuhkan lebih dari yang lain, tetapi semua tanaman membutuhkan perawatan dasar. 

Dalam kasus tanaman kaktus, penanaman yang baik meliputi pencahayaan dan penyiraman. Untuk mengetahui berapa banyak cahaya atau pencahayaan yang harus diterima kaktus, hal pertama yang dilakukan adalah membedakan jenis kaktus yang dimiliki karena tidak semuanya membutuhkan jumlah cahaya yang sama. 

Misalnya, tanaman kaktus berduri banyak membutuhkan sinar matahari langsung. Sebaliknya, kaktus yang memiliki duri sedikit atau sangat kecil membutuhkan ruang dengan lebih banyak naungan dan jumlah udara yang baik dapat mengalir.  

Air merupakan salah satu hal terpenting bagi tumbuhan untuk bertahan hidup meski kaktus tidak membutuhkannya sering Namun, jika ingin memiliki kaktus yang sehat, kamu harus memperhatikan jumlah air dan frekuensi penyiramannya. 

Penyiraman berkaitan dengan musim karena ini membantu kamu memahami kebutuhan air pada tanaman.  

Pada musim semi, kaktus dapat disiram setiap delapan hari dan pada musim gugur setiap 10-12 hari. Saat musim dingin dimulai dan suhu rendah tiba, disarankan menyirami kaktus setiap 20-40 hari. 

Penting bagi kaktus untuk mendapatkan penyiraman yang baik setiap saat karena air harus mencapai dasar pot. Jika ingin kaktus dapat tumbuh dan hidup dengan baik serta tahan lama di dalam pot, kamu harus memikirkan pupuknya. 

Selain itu, media tanam untuk menanam kaktus dalam pot harus memiliki jumlah fosfor dan kalium yang baik serta mineral yang membantu menahan kekeringan atau kekurangan air. Dapatkan pupuk yang bisa digunakan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kaktus dan aplikasikan secara teratur. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT