Langkah Menghilangkan Bau pada Pakaian Olahraga 

Jumat, 17 September 2021 - 23:34:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pakaian olahraga dirancang untuk memberikan kenyamanan saat melakukan gerakan dan mengeluarkan banyak keringat.  Namun, hal yang menjadi masalah adalah pakaian olahraga terkadang masih berbau apek meski telah dicuci.  

Melansir dari NBC News, Jumat (17/9/2021), ada beberapa faktor yang menyebabkan pakaian olahraga berbau. Penyebab utama adalah bakteri, keringat, dan minyak tubuh yang menumpuk dalam kain sintetis sehingga menyebabkan bau tak sedap. 

Sementara itu, detergen yang dibuat untuk kain tradisional seperti katun tidak efisien dalam menembus kain sintetis ini. 
Akibatnya, semua bakteri, keringat, dan minyak tubuh terperangkap di dalam serat dan terus menumpuk setiap kali berolahraga.  

Wewangian tambahan dalam beberapa detergen hanya membantu mengharumkan pakaian olahraga sementara, tidak sepenuhnya.  Untuk menghilangkan bau tak sedap pada pakaian olahraga, pastikan tidak menumpuk pakaian olahraga setelah dipakai di satu tempat. 
Berikut ini langkah menghilangkan bau pada pakaian olahraga. 

Pertama, lepaskan pakaian olahraga segera sehabis digunakan, tetapi jangan membuangnya ke tempat cucian. 

Leanne Stapf, Chief Operating Officer di The Cleaning Authority, mengatakan sebaiknya, membalikkan bagian dalam pakaian olahraga ke luar (keringat, bakteri, dan minyak lebih terkonsentrasi di bagian dalam) dan biarkan udara keluar atau kirim langsung ke mesin cuci.  

Pilih detergen yang tepat Setelah siap mencuci pakaian olahraga, ada dua hal yang perlu diingat. Pertama, menggunakan banyak detergen bukan solusi tepat karena dapat meninggalkan detergen pada kain, yang merupakan sumber makanan bagi bakteri dan bau yang tersisa. 

Kedua, gunakan detergen yang diformulasikan secara khusus untuk pakaian olahraga dan kain performa. Setidaknya, detergen harus menunjukkan bahwa itu ditujukan untuk kain sintetis.  

Atau bisa pula Anda membuat detergen sendiri menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau pada pakaian olahraga. Cukup tambahkan secangkir baking soda ke mesin cuci bersama dengan detergen dan satu cangkir cuka putih.  

Hindari mengeringkan menggunakan mesin Terakhir, menghilangkan bau pada pakaian olahraga adalah menghindari mengeringkan menggunakan mesin cuci. 

Setelah mencuci pakaian olahraga, biarkan pakaian mengering dengan sendiri atau masukkan ke mesin pengering dengan pengaturan suhu rendah. Namun, terkadang mesin tidak mengeringkan pakaian sepenuhnya sehingga pakaian olahraga menjadi lebih lembap, yang akhirnya menyebabkan penuh bakteri dan kuman. 

Membiarkan pakaian olahraga mengering secara alami memastikan pakaian mendapatkan aliran udara yang konstan saat uap air menguap. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT