Tips Mendekor Balkon Sempit Jadi Ruang Bersantai 

Rabu, 15 September 2021 - 16:28:22 WIB
Share Tweet Instagram

Foto Kompas

Metroterkini.com - Balkon menjadi salah satu ruang favorit banyak orang yang tinggal di apartemen atau rumah bertingkat. Selain digunakan sebagai ruang laundry atau menjemur pakaian, kamu juga bisa menyulapnya jadi ruang santai yang menarik, nyaman, estetik, serta Instagramable. 

Melansir dari Better Homes & Gardens pada Rabu (15/09/2021) berikut ini tips dan cara mengubah bakson menjadi ruang bersantai outdoor yang nyaman. 

Hadirkan warna dan pola untuk mengubah balkon menjadi lebih hidup. Mulailah dengan menambatkan ruang dengan permadani luar ruangan dengan motif atau pola besar. 

Tarik beberapa kursi dan letakkan di atasnya dengan bantal warna-warni yang terbuat dari kain anti air dan panas. Jangan lupa tambahkan tanaman sebagai dekorasi alami. Pastikan memilih tanaman yang tahan air dan panas agar tidak cepat mati. 

Selain sebagai ruang bersantai, kamu juga dapat menjadikan balkon rumah sebagai tempat hiburan. Misalnya, meletakakn set karaoke, meja makan bergaya rstic untuk wadah camilan. 

Sertakan juga alat-alat melukis atau alat musik yang bisa kamu mainkan saat berada di balkon. Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Taman Balkon Bangun privasi di balkon.

Privasi akan lebih sulit didapatkan jika kamu tinggal berhadapan dengan rumah atau apartemen di seberang jalan. Tetapi ada beberapa cara sederhana untuk membangun ruang privasi. 

Kamu bisa meletakkan pot tanaman ukuran besar dan tinggi di beberapa sudut balkon atau tanaman merambat di sepanjang tiang penyangga untuk memberikan privasi. Selain itu, kamu dapat menggunakan tirai luar ruangan sebagai solusi mudah agar tidak terlahang panas maupun terlihat oleh tetangga. 

Sebuah meja kecil dan beberapa kursi adalah furnitur yang dibutuhkan ketika menikmati secangkir teh dan kopi di pagi hari atau menyantap sarapanmu dengan suasana yang berbeda. 

Pilih bentuk meja bundar di atas meja persegi panjang agar lebih mudah untuk dinavigasi. Sofa kecil atau bangku empuk menawarkan tempat duduk untuk banyak orang tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang. Tambahkan bagian tengah dan beberapa aksesori meja untuk meningkatkan dekorasi. 

Lengkapi balkon dengan furnitur yang sesuai dalam hal ukuran hingga desain. Sebab, jika furnitur yang digunakan terlalu besar maka akan membuat balkonmu terasa sempit. Selain itu, pertimbangkan juga daya tahan furniturnya. 

Carilah furnitur dan aksesori yang terbuat dari bahan seperti aluminium, besi tempa, anyaman resin, plastik, atau kayu jati yang tahan terhadap elemen tersebut. [sumber]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT