Jembatan Padamaran Ditabrak Ponton, PUPR Turunkan Tim Ahli

Sabtu, 11 September 2021 - 22:22:40 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Jembatan Padamaran, di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau mengalami kerusakan setelah ditabrak kapal ponton, Selasa (7/9/2021) lalu. Akibatnya, beberapa tiang penyangga jembatan hancur.

Tiang jembatan yang ditabrak kapal ponton milik Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, saat melakukan pengerjaan proyek di Rokan Hilir.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Taufik OH, Sabtu (11/9/2021) di Pekanbaru, membenarkan kejadian tersebut.

"Jembatan Padamaran mengalami kerusakan bagian tiang setelah ditabrak ponton. Itu ponton milik kita yang sedang membawa material untuk mengerjakan proyek di Rohil," katanya.

Akibat kerusakan tersebut, kata Taufiq, untuk sementara jembatan tidak bisa dilalui oleh kendaraan bertonase berat.

"Untuk sementara jembatan belum bisa dilalui kendaraan bermuatan berat. Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian setempat untuk melakukan pengaturan lalu lintas," terangnya.

"Jadi sekarang diberlakukan sistem buka tutup, namun khusus bagi kendaraan pribadi. Kalau untuk kendaraan bertonase berat masih dilarang melintasi jembatan, karena dikhawatirkan jembatan bisa roboh," ungkapnya.

Untuk memastikan kondisi jembatan, pihaknya juga sudah menurunkan tim ahli jembatan untuk melakukan pengecekan kerusakan jembatan. Hasilnya diharapkan segera keluar dalam waktu dekat.

"Dari hasil baru bisa ditentukan langkah selanjutnya yang akan diambil. Apakah jembatan harus ditutup total untuk dilakukan perbaikan, atau masih bisa diberlakukan sistem buka tutup," pungkasnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT