Cara Memutihkan Kulit dengan Pola Hidup Sehat

Kamis, 09 September 2021 - 00:08:16 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Taukah kamu jika cara memutihkan kulit secara alami juga sangat ampuh dan manjur selain perawatan di klinik kecantikan. Apakah kamu sedang berusaha mengatasi kulit kusam agar terlihat cerah? Ternyata hidup sehat bisa membantu mencerahkan kulit yang kusam.

Gaya hidup dan pola makan dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Maka kamu perlu memperhatikan gaya hidup kamu sudahkah benar atau belum. Jika ingin merubah gaya hidup yang sehat agar bisa mencerahkan kulit kusam, simak ulasan berikut.

Cara Mencerahkan Kulit Dengan Pola Hidup Sehat
1. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup ternyata mempengaruhi dalam mencerahkan kulit lho. Jika kamu tidur cukup, maka tubuh akan membentuk kembali kolagen.

Tidur yang cukup akan membantu melancarkan aliran darah dibawah kulit sehingga mendapatkan nutrisi. Pastikan kamu tidur 7 hingga 8 jam per hari.

2. Olahraga Secara Rutin
Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk jaringan kulit. Kulit yang menerima cukup asupan oksigen dan nutrisi akan tampak lebih sehat, lembap, dan cerah bersinar.

Olahraga terbaik untuk kulit yaitu dengan jogging, berjalan, berenang ataupun bersepeda. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Banyak Makan Buah Tinggi Vitamin C

Perbanyak konsumsi buah dengan vitamin C yang tinggi. Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mengencangkan kulit dan bercahaya. 

Vitamin ini terbukti mengurangi keriput, mencegah kerusakan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen yang merupakan penyokong jaringan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi buah jeruk, pepaya, mangga, dan jambu biji.

4. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Jangan biarkan kulit kamu terlalu lama terkena sinar matahari jika ingin kulit kamu sehat dan bercahaya. 
Lindungi kulit kamu dengan mengoleskan tabir surya atau sunscreen mengandung SPF 30 saat akan keluar rumah.

Gunakan terutama pada bagian wajah dan lengan yang lebih sering terpapar sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan kulit kusam dan membuat rona warna kulit menjadi tidak merata.

5. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Air dapat memelihara kelembapan kulit dan menjaga jaringan kolagen. Sumber cairan terbaik untuk kulit yaitu air, sayuran, dan buah-buahan. Hindari cairan dalam bentuk minuman beralkohol karena alkohol memiliki sifat menarik air. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering, kasar, dan kusam.

6. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin
Kulit memerlukan banyak nutrisi serta antioksidan untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya, menangkal radikal bebas, dan memproduksi kolagen. Vitamin B (biotin), vitamin C, dan vitamin E adalah beberapa jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit.

Kamu bisa mendapatkan semua zat gizi ini dari makanan sehat berupa sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Kamu bisa mengonsumsi tomat, wortel, sayuran hijau, madu, anggur, alpukat, minyak zaitun, dan kacang almon. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT