Komisi V DPRD Riau Dukung Gubri Lakukan Kinerja Pejabat

Rabu, 08 September 2021 - 19:11:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy M Yatim mendukung keputusan Gubri Syamsuar yang akan mengevaluasi para pejabat Eselon II. Menurut Eddy, Rabu (8/9/2021) hal tersebut adalah langkah yang tepat dilakukan.

Untuk diketahui, Komisi V membidangi kesejahteraan rakyat, meliputi Disnaker, Pendidikan dan Kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kepemudaan dan olahraga, agama, sosial, kesehatan, keluarga berencana, pengembangan peranan wanita, museum dan cagar budaya, penanggulangan bencana, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Eddy Yatim mengatakan bahwa sebagai mitra kerja selama dua tahun ini, ada plus minusnya. Pihaknya melihat, masih banyak program strategis gubernur yang jadi janji kampanye, sulit untuk diwujudkan oleh para kepala OPD di mitra Komisi V.

"Kita melihat ada banyak catatan ke kepala OPD. Kalau dalam proses evaluasi, gubernur ingin OPD yang jadi perpanjangan gubernur agar lebih baik, kita siap bantu beri masukan. Selama ini kita sudah coba secara langsung dan tidak langsung, tapi kan kita tak ingin membebani gubernur, itu hak beliau. Tapi saat ini sudah saat yang tepat untuk dievaluasi," kata Eddy Yatim.

Sekretaris DPD Demokrat Riau ini mengatakan, selama dua tahun ini, cita - cita Gubernur Riau masih jauh. Salah satunya bisa jadi karena kepala OPD yang tidak bisa menerjemahkan dan variabel lain.

"Artinya kita dukung. Harapan kita, evaluasi ini jangan malah semakin menurun, evaluasi harus lebih baik. Saat ini tepat dilakukan, hindari hal-hal yang tidak pas. Sisa waktu Pak Gubernur tidak banyak lagi. Kalau salah nempatkan orang, jangan berharap dua periode," tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar langsung memastikan evaluasi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau pejabat eselon II akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Evaluasi dilakukan mengingat masa kepemimpinannya sebagai Gubernur Riau sudah dua tahun lebih, 20 Februari 2019 sampai dengan September 2021.

"Evaluasi pejabat kalau melihat rangkaian kami Bulan Oktober pelaksanaannya," kata Gubri.

Gubri menjelaskan, evaluasi dilakukan merupakan bagian dari peningkatan kinerja kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau.

"Evaluasi itu bagian peningkatan kinerja, karena kami melakukan evaluasi sudah bekerja dua tahun lebih. Tentu sudah berkewajiban juga melakukan evaluasi," terangnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT