Tips Membuat Tanaman Aglonema Cepat Bertunas 

Senin, 06 September 2021 - 23:59:46 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Memiliki tanaman aglonema yang cepat bertunas adalah salah satu hal yang banyak diinginkan para pemiliknya. Tunas aglonema bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak tanaman aglonema yang dirawat sehingga pemiliknya tidak perlu lagi membeli tanaman aglonema yang baru.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tanaman aglonema cepat bertunas.  Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Minggu (5/9/2021), berikut ini tips membuat tanaman aglonema cepat bertunas.  

Gunakan ukuran pot yang sesuai dengan aglonema Cara pertama membuat tanaman aglonema bisa cepat bertunas adalah menyesuaikan ukuran pot dengan ukuran aglonema.

Apabila ukuran aglonema kecil, gunakan pot berukuran kecil. Pot terlalu besar akan membuat akar aglonema memanjang dan terus memanjang hingga memenuhi pot bagian bawah.  

Jadi, kalau pot terlalu besar, tanaman aglonema akan lama berfokus memanjangkan akar dan tidak akan bertunas. Namun, apabila ukuran pot sesuai dengan ukuran aglonema akar tanaman tidak akan memanjang sehingga tanaman aglonema akan fokus mengeluarkan daun dan tunasnya.  

Media tanam harus mengandung pupuk kandang atau kotoran hewan Media tanam aglonema harus terdiri atas pupuk kandang atau kotoran hewan (kohe).

Media tanam yang tidak mengandung pupuk kandang sulit untuk membuat aglonema cepat bertunas. Sebab, pupuk kandang mengandung banyak unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Untuk media tanam aglonema, kamu bisa mencampurkan dua bagian sekam biasa, satu bagian tanah, dan setengah pupuk kandang atau kotoran hewan yang sudah didiamkan lama.

Letakkan aglonema di tempat yang lebih teduh dari sebelumnya Jika tanaman aglonema sudah diletakkan di tempat teduh, pindahkan ke tempat yang lebih teduh lagi. Hal ini perlu dilakukan agar tanaman aglonema bisa merasa lebih segar dan fit lagi untuk bertunas.  

Agar tanaman aglonema cepat bertunas, kamu juga perlu sering-sering menyemprot daunnya dengan air, terutama pada bagian belakang daun. Kalau bisa semprot daun aglonema setiap dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Jika tidak sempat, cukup pagi atau sore hari saja. Namun, hindari menyemprot daun aglonema pada siang hari, khususnya saat cuaca begitu terik, karena hal ini bisa membuat daun aglonema langsung rusak. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT