Tanaman Hias Ini Bisa Hilangkan Jamur di Dalam Rumah

Selasa, 24 Agustus 2021 - 23:44:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Udara di dalam ruangan hampir 30 persen lebih tercemar daripada udara di luar ruangan. Adapun dilansir dari Hunker, Selasa (24/8/2021), tanaman telah dikatakan membantu memurnikan udara dalam ruangan. 

Hal ini karena tumbuhan berperan sebagai penyaring udara, menyerap racun melalui daun dan akarnya, kemudian melepaskan oksigen dan uap air ke udara. Tanaman hias juga dapat menghasilkan kelembaban dalam ruangan dan menurunkan kadar karbon dioksida di dalamnya. 

Banyak tanaman hias, setidaknya ada 42 varietas, dikatakan berdampak pada kualitas udara dalam ruangan. Dengan menyerap racun, mengubahnya menjadi makanan dan melepaskan udara bersih, tanaman menyaring udara dan membuatnya lebih bersih. 

Tanaman memindahkan bahan kimia di udara ke akarnya dengan penyerapan melalui daunnya. Semakin besar daun tanaman, semakin tinggi transpirasi dan tingkat kelembaban. 

Kamar atau ruangan yang dilengkapi tanaman memiliki 50 hingga 60 persen lebih sedikit spora jamur dan bakteri daripada yang tidak. Racun juga dipecah ketika tanaman menarik oksigen ke akarnya, di mana mereka dinetralkan oleh mikroba di dalam tanah. 

Transpirasi Daun besar, tajam dan runcing memiliki tingkat transpirasi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mereka dapat menyaring lebih banyak udara, lebih cepat. Transpirasi dikendalikan oleh kelembaban di dalam ruangan. Tingkat kelembaban yang ideal adalah antara 40 hingga 60 persen. Tanaman tropis paling baik di lingkungan seperti ini.   

Tanaman menghasilkan kelembaban yang bersih dan sehat selama transpirasi yang tidak akan menyebabkan jamur atau lumut. Tanaman mengeluarkan zat fitokimia yang menekan spora jamur dan bakteri di udara. 

Tanaman yang mampu menghilangkan spora jamur di ruangan termasuk di antaranya adalah tanaman spider plant, philodendron, aglonema, bambu, lidah mertua, dan dracaena. 

Adapun English ivy telah terbukti menghilangkan jamur dan formeldahyde dari udara dalam ruangan. Sementara itu, bunga peace lily menghilangkan semua racun, termasuk benzena, xilena, toluena, dan trikloroetilen. 

Tanaman lain yang diyakini memiliki efek penyaringan di rumah termasuk pohon pinang, palem alang-alang, palem lady dan kurma kerdil. Tanaman tropis menghasilkan sekresi yang dapat melindungi daunnya dari jamur dan jamur. Pakis Boston menghilangkan formaldehida dari udara. 

Beberapa tanaman bermanfaat lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah pakis pedang Australia, tanaman syngonium, rumput payung, dan rubber plant. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT