5 Keutamaan Puasa Tasua 9 Muharram pada 18 Agustus

Selasa, 17 Agustus 2021 - 23:15:52 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Umat Islam disunahkan untuk melakukan puasa Tasua pada 9 Muharam. Pada tahun 1443 Hijriah kali ini, puasa Tasua dapat dilakukan pada Rabu, 18 Agustus 2021. Terdapat sejumlah keutamaan melakukan puasa Tasua pada 9 Muharram.

Puasa Tasua adalah puasa sunah yang dilakukan setiap 9 Muharram atau sebelum hari Asyura atau puasa Asyura pada 10 Muharram. Hukum melakukan puasa Tasua adalah sunah atau akan mendapatkan pahala dan keutamaan dari Allah SWT jika dikerjakan.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat Islam untuk berpuasa pada hari Tasua yaitu 9 Muharram agar menjadi pembeda dengan orang Yahudi dan Nasrani.

"Kalau saja aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa Tasua," kata Nabi Muhammad, dalam hadis riwayat Imam Muslim.

Namun, Rasulullah tak sempat melakukan puasa Tasua karena beliau meninggal dunia di tahun tersebut.

Berikut 5 keutamaan puasa Tasua:

1. Menjadi pembeda dari agama lain
Keutamaan puasa Tasua pada 9 Muharram adalah menjadi pembeda dari agama lain.(Foto: ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk berpuasa di hari Tasua agar menjadi pembeda dengan yang dilakukan oleh agama lain.

2. Melengkapi puasa Asyura
Puasa Tasua dilakukan sehari sebelum puasa Asyura yang dapat menghapus doa setahun yang lalu. Berpuasa di hari Tasua akan melengkapi amal ibadah puasa Asyura.

3. Puasa yang utama
Hadis yang diriwayatkan Imam Muslim juga menyebutkan puasa yang paling utama setelah puasa wajib di bulan Ramadan adalah puasa di bulan Muharram.

"Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam," bunyi Hadis Riwayat Muslim.

Puasa Tasua dan puasa sunah yang dilakukan di bulan Muharram lainnya, termasuk puasa Asyura memiliki nilai dan keutamaan yang besar dari Allah SWT.

4. Menjalani sunah Rasul
Mengamalkan puasa Tasua berarti mengikuti sunah Rasul. Allah SWT mencintai hambanya yang mengikuti sifat dan perilaku Rasulullah SAW.

5. Mendekatkan diri pada Allah
Puasa adalah cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah menjanjikan pahala dan tempat terbaik di surbag untuk orang yang rajin berpuasa.

Untuk mendapatkan keutamaan puasa Tasua, umat Islam dapat melakukan puasa di hari Tasua pada 9 Muharram dengan khusyuk. Pada tahun ini puasa Tasua dapat dilakukan pada Rabu, 18 Agustus 2021. Tata cara puasa Tasua sama dengan puasa sunah lainnya yang diawali dengan niat dan menahan hawa nafsu dari waktu subuh hingga waktu Magrib. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT