Penampakan UFO Berwarna Hijau Bikin Heboh

Ahad, 15 Agustus 2021 - 23:28:25 WIB
Share Tweet Instagram

Ilustrasi

Metroterkini.com - Pilot dua pesawat terbang yang berbeda dikejutkan dengan penampakan objek misterius berwarna hijau di langit Kanada. Penampakan ini dilaporkan terjadi pada 30 Juli lalu di Teluk Saint Lawrence di pesisir Samudera Atlantik Kanada.

Berdasarkan laporan yang diunggah pada 11 Agustus di database insiden penerbangan milik pemerintah Kanada (CADORS), kedua pilot mengaku melihat objek berwarna hijau terang yang terbang ke arah awan lalu menghilang di kawasan antara Quebec dan Newfoundland.

Salah satu pilot yang melihat penampakan UFO tersebut adalah pilot pesawat komersial milik maskapai KLM Royal Dutch Airlines yang terbang dari Boston ke Amsterdam. Pilot satunya lagi adalah pilot pesawat militer Kanada yang terbang dari pangkalan di Ontario ke Cologne.

Peneliti penerbangan Steffan Watkins kemudian meneliti pergerakan kedua pesawat saat insiden itu terjadi. Melihat data transponder dari kedua penerbangan, Watkins menemukan bahwa pesawat militer yang melihat penampakan itu menambah ketinggian hingga 300 meter -- mungkin untuk menghindari objek atau agar bisa melihat lebih dekat.

Ada kemungkinan bahwa penampakan UFO tersebut adalah meteor yang melintas di langit. Watkins pun mengakui bahwa penampakan itu terjadi bersamaan dengan awal puncak hujan meteor Perseid.

"Dan ya, saya tahu 2021-07-31 adalah awal puncak hujan meteor Perseid, tapi jangan jadi buzzkill," kata Watkins dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari Live Science, Minggu (15/8/2021).

Tidak seperti Kementerian Pertahanan AS, Kementerian Pertahanan Nasional Kanada tidak melacak penampakan UFO. Badan penerbangan Kanada juga menggolongkan laporan penampakan ini ke dalam label 'balon cuaca, meteor, roket, UFO'.

Angkatan udara Kanada juga tidak akan menyelidiki penampakan ini lebih lanjut karena penampakan itu tidak membahayakan awak penerbangan. Meski pemerintah Kanada tidak terlalu antusias mendata penampakan UFO, banyak warga yang mencatat dan mengamati penampakan UFO di negara tersebut.

Pada tahun 2019, seorang kolektor pribadi menyumbangkan lebih dari 30.000 dokumen terkait UFO kepada University of Manitoba -- termasuk dokumen yang terkait dengan insiden Falcon Lake, salah satu penampakan UFO paling terkenal di Kanada. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT