5 Makanan Pengganti Mi dan Pasta Rendah Karbohidrat 

Rabu, 04 Agustus 2021 - 23:20:51 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Mi merupakan salah satu makanan yang tinggi karbohidrat. Bagi yang menjalani diet rendah karbohidrat, mi termasuk makanan yang dibatasi. Tak hanya mi, pasta juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Jika ingin membatasi konsums mi dan pasta, ada beberapa makanan alternatif yang patut dicoba.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah makanan pengganti mi dan pasta yang lebih rendah karbohidrat:

1. Lasagna terong

Terong mengandung karbohidrat yang rendah, yakni 9 gram karbohidrat dalam 100 gram terong. Selain itu terong juga termasuk sumber serat, vitamin K, tiamin, dan mangan yang baik. Gunakan terong sebagai pengganti lasagna untuk mendapatkan sajian “pasta” yang lebih sehat namun tetap nikmat.

2. Mi kubis

Kubis atau kol merupakan salah satu makanan pengganti mi yang sangat sederhana dan rendah karbohidrat. Dalam 100 gram kubis, terkandung 6 gram karbohidrat. Kubis juga menawarkan 54 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C dan 85 persen kebutuhan harian vitamin K. Tak hanya itu, terdapat kandungan folat dan berbagai vitamin serta mineral penting lainnya yang terkandung dalam kubis.

3. Mi bawang bombay

Bawang bombay merupakan pengganti pasta yang nikmat namun tidak biasa. Bawang mengandung 1/3 karbohidrat dari pasta dan kaya akan serat, vitamin C, vitamin B6, folat, kalium, dan fosfor.

Bawang juga merupakan sumber flavonoid antioksidan yang sangat baik. Ia menawarkan banyak manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan kesehatan jantung.

4. Mi shirataki

Mi shirataki merupakan mi panjang berwarna putih yang juga dikenal sebagai konjak. Shirataki merupakan alternatif mi dan pasta yang rendah karbohidrat dan kalori. Mi shirataki dibuat dari jenis serat yang disebut sebagai glukomanan, yakni berasal dari tanaman konjak. Glukomanan termasuk serat larut yang berarti dapat menyerap air dan membentuk gel kental usus. Ini akan memperlambat pencernaan sehingga membantu mepertahankan rasa kenyang.

5. Mi tahu

Mi tahu merupakan variasi dari mi shirataki tradisional. Ia terbuat dari campuran serat tahu dan glukomanan. Mi tahu mengandung sedikit kalori dan karbohidrat tambahan. Selain itu, tahu kaya akan protein serta senyawa tanaman yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan tubuh dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT