Jual Tim VR46 ke Pangeran Arab, Rossi Diguyur Rp 2,5 T?

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:41:22 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Valentino Rossi menjual timnya di MotoGP ke pangeran Arab Saudi. Nilai jualnya diperkirakan mencapai triliunan rupiah jika dikonversi ke mata uang Indonesia.

Rossi memiliki tim Sky VR46 Avintia dan Sky Racing VR46. Kedua tim tersebut sudah dijual ke Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan asal Arab Saudi milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin Abdulaziz Al Saud.

Nantinya, Sky Racing VR46 berubah nama menjadi Aramco Racing Team VR46 dan tampil di MotoGP 2022. Kontrak Aramco Racing Team VR46 di kelas tertinggi sampai 2026.

"Di 2022 tim VR46 akan melakukan debut di kelas MotoGP bersama dengan Tanal Entertainment Sport & Media dan Aramco, sebagai sponsor utama utuk periode 2022-2026," demikian pernyataan resmi Tanal Entertainment Sport & Media pada April lalu.

Hasil kesepakatan bernilai sangat besar. Bocorannya, ada 170 juta Euro atau Rp 2,5 Triliun yang akan mengalir dari Arab Saudi ke VR46.

Rinciannya adalah 20 juta Euro atau Rp 340 miliar akan dibayarkan hanya untuk hak istimewa menempelkan stiker perusahaan minyak Aramco di tim MotoGP, Moto2, serta di Moto3 yang balapan di CIV.

150 juta Euro (Rp 2,2 triliun) lainnya, yang diungkap media Il Sole 24 Ore, akan siap digunakan untuk pembelian massal seluruh grup VR46. Kepastian angka-angka tersebut baru bisa terungkap dalam beberapa pekan terdepan dalam konferensi pers resmi di Arab Saudi.

Ketertarikan Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud ini merupakan untuk mendukung 'Saudi Vision 2030', sebuah program yang sudah mulai dijalankan Arab Saudi selama beberapa tahun belakangan. Cakupannya adalah kesehatan, olahraga, edukasi, dan infrastruktur tanpa tergantung pada penjuala minyak bumi.

Nah, Abdulaziz bin Abdullah Al Saud berharap Rossi bisa terus membalap di musim depan untuk memperkuat Tim Aramco. Di sisi lain, rider 42 tahun itu belum memberikan pernyataan pasti terkait masa depannya.

"Bakal menyenangkan bagi saya jika Valentino Rossi mau berkompetisi selama beberapa tahun ke depan sebagai pembalap Aramco Racing Team VR46 bersama adiknya, Luca Marini, yang sudah berkompetisi tahun ini," ujar Abdulaziz bin Abdullah Al Saud dilansir dari laman Speedweek. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT