Inilah 4 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan 

Senin, 02 Agustus 2021 - 20:19:14 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Kemangi merupakan tanaman yang berasal dari Asia dan Afrika. Daunnya yang berwarna hijau dan berukuran kecil memiliki aroma yang sangat khas. Daun kemangi kerap digunakan dalam hidangan khas Nusantara untuk menambahkan aroma dan rasa. Selain itu, daun kemangi juga bisa dijadikan teh dan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi kemangi

Dilansir dari Healthline, dalam 2 gram daun kemangi segar terkandung 0,6 kalori, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, dan mangan. Daun kemangi yang dikeringkan lebih memiliki nutrisi yang lebih tinggi, namun digunakan dalam jumlah yang lebih sedikit dalam makanan.

Oleh sebab itu, baik daun kemangi segar maupun kering, keduanya bukanlah sumber nutrisi yang signifikan, kecuali untuk kandunga vitamin K.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan sebagainya.

Manfaat daun kemangi Mengonsumsi kemangi, baik ditambahkan dalam makanan maupun sebagai obat herbal, dapat memberikan sejumlah manfaat. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah manfaat daun kemangi untuk kesehatan:

1. Mengurangi stres oksidatif

Daun kemangi memiliki senyawa antioksidan yang sangat penting untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang berkembang sebagai hasil metbolisme dan proses alami lainnya.

Radikal bebas juga dapat terbentuk sebagai akibat dari kebiasaan merokok atau mengonsumsi makanan tertentu. Jika radikal bebas menumpuk, ia akan menimbulkan stres oksidatif yang mengakibatkan kerusakan sel dan penyakit.

2. Menjaga kesehatan hati

Sebuah studi di tahun 2015 pada tikus menunjukkan bahwa antioksidan dalam bubuk kemangi memiliki dampak positif terhadap kesehatan hati. Antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Melindungi kulit dari penuaan

Berdasarkan riset yang diterbitkan pada tahun 2011, daun kemangi memiliki sifat yang membantu melindungi kulit dari efek penuaan

Dalam studi tersebut, para ilmuwan menerapkan ekstrak kemangi ke model laboratorium kulit. Hasilnya, ekstrak kemangi dalam krim kulit topikal dapat meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi kerutan, dan melembutkan kulit

4. Menurunkan gula darah tinggi

Beberapa praktisi pengobatan tradisional merekomendasikan kemangi untuk mengelola kadar gula darah. Sebuah studi di tahun 2019 terhadap tikus menemukan, ekstrak daun kemangi mampu menurunkan kadar gula darah tinggi dan membantu mengobati efek jangka panjangnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT