8 Cara Hias Sudut Ruangan di Rumah Agar Lebih Indah  

Ahad, 01 Agustus 2021 - 23:08:57 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sudut ruangan biasanya menjadi area rumah yang kurang dimanfaatkan karena tidak mendapat perhatian. Padahal dengan kreatifitas, sebuah sudut dapat berubah menjadi ruang yang sangat fungsional dan estetis. 

Dilansir dari Architecturaldigest, berikut 8 cara menghias sudut ruangan di rumah: 

1. Tambahkan sofa dan tempat duduk 
Ciptakan area tempat duduk yang nyaman dengan perabotan unik seperti kursi santai, kursi beraksen, kursi goyang, atau kursi ayun. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan ruang sudut secara optimal adalah dengan memasukkan sofa berbentuk L. 

2. Gunakan lampu 
Untuk menghindari sudut gelap atau bayangan di dalam ruangan mana pun, penting untuk memasukkan skema pencahayaan berlapis yang mencakup sumber cahaya pada tingkat yang berbeda sehingga cahaya menyebar secara merata. 

Anda dapat mencerahkan sudut ruangan dengan menggantungkan lampu gantung tinggi dari langit-langit atau memasang lampu lantai di sudut yang kosong. Bagian terbaik tentang pencahayaan sudut adalah bahwa ia menambahkan kecerahan, memancarkan cahaya lembut dan menanamkan elemen kehangatan di dalam ruang. 

3. Buat ruang penyimpanan 
Perkuat penyimpanan terbuka dengan rak segitiga yang dipasang di dinding atau rak apung dan gunakan untuk memajang buku, foto, atau tanaman. Untuk tampilan yang rapi, pertimbangkan lemari penyimpanan built-in yang dapat digunakan sebagai lemari barang pecah belah, lemari pajangan atau lemari bar. Pasang rak buku sudut dan perkenalkan kursi santai untuk mengubahnya menjadi sudut baca. 

4. Tempatkan tanaman 
Hadirkan unsur kesegaran dan rapikan sudut dengan tanaman alami. Perhatikan bahwa tanaman tidak hanya menambahkan dosis warna dan tekstur yang baik tetapi juga meramaikan ruang dan memiliki kualitas pembersih udara yang cemerlang. 

5. Jadikan ruang kantor di rumah 
Di tengah pandemi Covid-19 banyak orang yang melakukan aktivitas kerja di dalam rumah. Jika Anda memiliki ruang kosong di sudut rumah, paling tepat dan sangat disarankan untuk menjadikannya sebagai ruang kerja atau kantor. Anda dapat meletakkan seperti meja, lampu, kursi kantor dan kebutuhan lainnya di ruangan tersebut. 

6. Rancang zona meditasi atau mushola 
Ubah sudut menjadi area untuk berdoa atau meditasi. Hiasi ruangan dengan warna-warna yang menenangkan dan ciptakan tampilan yang rapi sehingga Anda dapat tetap tenang dan fokus. Tambahkan suasana meditatif dengan bantal, seni dinding yang menenangkan, dan peralatan lainnya. 

7. Buat dinding aksen 
Ubah sudut-sudut ruangan menjadi dinding aksen dengan menggantung lukisan, atau memperkenalkan wallpaper atau panel dinding berwarna berani. Pilih aksesori pernyataan atau sesuaikan ruang dengan membuat dinding galeri dengan foto keluarga. 

8. Pasang jendela sudut 
Perluas ruang dalam dan ciptakan koneksi luar-ruang yang brilian dengan memasang jendela sudut terutama jika rumah terbuka ke pemandangan yang indah. Tambahkan kursi dekat jendela dan ciptakan ruang untuk berendam di bawah sinar matahari. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT