Indonesia Kalah Peringkat dari Thailand di Olympiade

Senin, 26 Juli 2021 - 13:55:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Indonesia sementara menjadi negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan koleksi medali terbanyak hingga hari kedua Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7/2021) malam WIB. Indonesia sejauh ini sudah mengoleksi dua medali, dengan rincian satu perak dan satu perunggu. 

Medali kedua Indonesia dipersembahkan oleh atlet angkat besi senior, Eko Yuli Irawan, pada Minggu (25/7/2021) sore WIB. Turun di kelas 61 kg putra, Eko Yuli Irawan sukses meraih medali perak dengan total angkatan 302 kg. 

Rincian dari total angkatan terbaik Eko Yuli Irawan adalah 141 kg snatch dan 165 kg clean & jerk. Meski medali emas masih luput, Eko Yuli Irawan berhasil mengukir sejarah berkat keberhasilan mendapatkan perak di Olimpiade Tokyo 2020. 

Eko Yuli Irawan kini menjadi atlet Indonesia dengan koleksi medali Olimpiade terbanyak sepanjang sejarah. Secara keseluruhan, Eko Yuli Irawan saat ini sudah mengoleksi empat medali Olimpiade sejak melakoni debut di ajang empat tahunan itu pada Beijing 2008. 

Adapun medali pertama Indonesia juga dipersembahkan oleh atlet angkat besi, yakni Windy Cantika Aisah, pada Sabtu (24/7/2021). 

Windy Cantika Aisah yang kini masih berusia 19 tahun sukses meraih medali perunggu ketika turun di kelas 49 kg putri. Dengan raihan perak dan perunggu, Indonesia untuk sementara menjadi negara Asia Tenggara yang sudah mengoleksi dua medali di Olimpiade Tokyo 2020. 

Meski demikian, dalam hal peringkat, Indonesia masih berada di bawah Thailand di klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020. Sebab, Thailand sudah mengoleksi satu medali emas dari cabor Taekwondo nomor 49 kg putri. 

Indonesia saat ini menempati peringkat ke-19 klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020. Di sisi lain, Thailand untuk sementara menempati urutan ke-11 dengan raihan satu medali emas. 

Adapun jika dihitung dari jumlah total perolehan medali (rank by total), dikutip dari situs resmi Olimpiade Tokyo, Indonesia menempati peringkat ke-9. 

Di sisi lain, Thailand dengan satu medali emas kini menempati urutan ke-22 dalam daftar klasemen jumlah medali Olimpiade Tokyo 2020. Adapun daftar perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 saat ini masih dikuasai China dengan raihan enam emas, satu perak, dan empat perunggu. 

Tuan rumah Jepang mengekor di peringkat kedua. Mereka sejauh ini telah mengemas lima medali emas dan satu perak. Berikut daftar perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga Minggu (25/7/2021) malam WIB: [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT