Malam Ini, Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Dairi, Sumut

Malam Ini, Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Dairi, Sumut

Metroterkini.com - Gempa bumi magnitudo 3,5 mengguncang wilayah Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Senin (19/7) pukul 20.56 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 2.77 LU dan 98.35 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 4 km Timur Laut Dairi-Sumut pada kedalaman 3 kilometer.

"Hasil analisa BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 3,5," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto.

Hartanto menyebutkan dengan melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal. Itu terjadi akibat aktivitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen renun.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," urainya.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat. Gempa ini dirasakan di Kota Sidikalang dengan Skala Intensitas III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga pukul 21:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," paparnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," katanya. [**]
 

Berita Lainnya

Index