Polda Riau Turun ke Lokasi Limbah PT CPI di Minas

Polda Riau Turun ke Lokasi Limbah PT CPI di Minas

Metroterkini.com - Tanda-tanda keseriusan Polda Riau menindaklanjuti laporan pidana lingkungan oleh Yayasan Anak Rimba Indoensia (ARIMBI) mulai terlihat. Kamis (15/7/21) tim Penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Ditreskrimsus Polda Riau, bersama pelapor langsung menuju lokasi titik limbah di Pusat Pelatihan Gajah Minas (PLG), Taman Hutan Raya SSK II dan lahan warga Minas Barat.

Kepala Suku Yayasan Anak Rimba Indoensia (ARIMBI), Mattheus di lokasi menyambut positif langkah awal Polda Riau tersebut.

"Alhamdulillah, laporan kita sudah mulai ditindak lanjuti Polda Riau. Tentunya kami dari Tim ARIMBI menyambut positif langkah awal penyidik. Moment ini kita gunakan sebaik mungkin dengan menunjukkan spot-spot pencemaran yang diduga akibat praktek dumping limbah migas oleh PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) selama beroperasi di Blok Rokan," kata Mattheus, Jumat (16/7/21).

Mattheus berharap dalam kasus ini pihak Polda Riau serius mengusut kasus pidana lingkungan ini dan segera maju ke tahap berikutnya dan segera menetapkan koorporasi sebagai tersangkanya. 

"Kita apresiasi Kapolda Riau yang telah memberikan atensinya pada persoalan ini. Seperti kita ketahui bukan hanya kawasan konservasi saja yang telah terpapar limbah minyak ini, Lahan masyarakat dan sumber-sumber air yang setiap hari di konsumsi warga yang bermukim di wilayah Blok Rokan juga terkontaminasi oleh logam berat limbah ini," kata Mattheus.

Mattheus berharap dengan penuntasan kasus ini, pihak-pihak yang diduga telah merusak alam Riau ini mempertanggungjawabkan "ulahnya" dan  kita paksa melakukan pemulihan lingkungan sesuai Undang-Undang nomor 32 tahun 2009.

Seperti diketahui ARIMBI telah melaporkan pidana lingkungan yang dilakukan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau di Pekanbaru, pada Sabtu (5/6/21) lalu. Agar publik tidak lupa ARIMBI membuat laporan tepat dihari Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) atau "World Environment Day" 2021. [**]

Berita Lainnya

Index