Covid-19 Varian Delta di Indonesia, Jakarta Paling Banyak

Rabu, 14 Juli 2021 - 21:48:02 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI hingga Minggu (11/7/2021) mencatat, total ada 615 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dengan varian B.1.617.2 atau varian Delta.

Temuan itu diketahui telah tersebar di 13 provinsi, di mana DKI Jakarta menjadi provinsi dengan sebaran terbesar, yakni 264 kasus. Disusul kemudian Jawa Barat sebanyak 183 kasus, Jawa Tengah 92 kasus, Sumatera Utara 18 kasus, Jawa Timur dan NTB masing-masing 13 kasus, Sulawesi Selatan 11 kasus, dan Banten 7 kasus. Kalimantan Timur sebanyak 4 kasus, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Tengah masing-masing 3 kasus, serta 1 kasus di Gorontalo.

Varian Delta atau B.1.617.2 digolongkan sebagai variant of concern (VoC) bersama varian Alpha dan Beta oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Kemenkes menyebutkan, varian Delta ini enam kali lebih menular daripada varian Alpha B.1.1.7 asal Inggris. Sebelumnya diberitakan,
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat mengurangi mobilitas ke luar rumah selama varian Delta atau B.1.617.2 masih
menyebar di beberapa daerah.

"Kita harus bisa mengurangi pergerakan secara disiplin, kemudian jangan ke mana-mana dahulu di masa varian Delta ini menyebar," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR secara virtual, Selasa (13/7/2021).

Budi mengatakan, saat ini, penyebaran varian Delta bukan hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa, melainkan sudah mulai menyebar ke luar Jawa. "Jadi Lampung, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Papua Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu sekarang sudah masuk di radar kita di luar rumah sakit di Jawa," ujarnya.

Budi menekankan, meski jumlahnya terus ditambah, kapasitas rumah sakit tidak akan cukup untuk menanggulangi penyebaran varian Delta. Oleh sebab itu, ia meminta kegiatan masyarakat dibatasi. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT