Dukung Hak Anak, Forum Anak Kabupaten Meranti Dikukuhkan

Rabu, 14 Juli 2021 - 16:39:42 WIB
Share Tweet Instagram

Saat pengukuhan forum anak Kabupaten Kepulauan Meranti

Metroterkini.com - Terbentuknya Forum Anak di Kabupaten Kepulauan Meranti diharapkan agar dapat mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam mengembangkan potensi serta kreatifitas anak melalui wadah Forum Anak itu.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kepukauan Meranti  Agusyanto Bakar S.Sos, Msi melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr. Nelfi Gusharyani mengatakan bahwa forum anak untuk di Kabupaten Kepulauan Meranti sudah lama terbentuk.

"Untuk Pengurus Forum Anak Masa Bhakti 2021-2023 sudah dibentuk akhir April 2021 ini, namun baru dikukuhkan. Dan ini regenerasi yang baru, dan masa bhaktinya dua tahun," terang dr Nelfi, pada Rabu (14/07/2021) siang.

Dimana jumlah anak yang tergabung di Forum Anak pada tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti ada sebanyak 27 anak, yang tersebar di tiap Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Nantinya, akan ada regenerasi selanjutnya. Artinya apabila sudah tidak terlibat di forum anak lagi (menjadi alumni, red), anak tersebut diharapkan menjadi fasilitator bagi forum anak berikutnya untuk membimbing dan mendampingi Pengurus -pengurus yang baru

"Supaya dapat berkesinambungan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman anak. Jika anak itu sudah 18 tahun ke atas dan tidak tergabung lagi, mereka bisa direkomendasi untuk menjadi fasilitator bagi forum anak yang ada," ungkapnya.

Dijelaskan dr Nelfi, fungsi dari forum anak itu sebagai pelapor dan pelopor, dan juga sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk mendukung proses pemenuhan hak-hak anak khususnya di Kabupaten termuda di Provinsi Riau.

"Sebenarnya peran mereka berkaitan erat dengan klaster-klaster Kabupaten Layak Anak (KLA) dan diharapkan mampu bersinergi dengan Pemerintah dalam mewujudkan lima klaster KLA tersebut," ujarnya.

Sebelum terbentuk Forum anak, pihaknya juga telah melakukan bimbingan, agar nantinya siap dalam mengemban tugas di jajaran forum anak tingkat Kabupaten.

"Kita juga sudah melaksanakan sosialisasi dan bimbingan terhadap anak-anak yang tergabung. Selain kami, juga ada pihak provinsi dan kementerian yang ikut andil dalam bimbingan tersebut, walaupun hanya dalam bentuk daring," ungkap dr. Nelfi.

Sekedar informasi, Forum Anak Kepulauan Meranti Masa Bakti 2021-2023 telah dikukuhkan Bupati Kepulauan Meranti H M Adil, pada Selasa 13 Juli 2021 di Ballroom Afifa Selatpanjang. [wira]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT