Buah dan Rempah Ini Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium 

Sabtu, 03 Juli 2021 - 22:56:56 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Buah dan rempah bisa menjadi obat alami untuk mengatasi hidung tak bisa mencium bau atau anosmia. anosmia merupakan salah satu patologi kesehatan ketika hidung tak bisa mencium bau. Kondisi itu merupakan gejala dari sejumlah penyakit, di antaranya sinus, tumor dekat saraf penciuman, cedera otak dan Covid-19.

Kondisi anosmia memang menyiksa. Bagi penderita Covid-19, kondisi itu bisa berlangsung selama berhari-hari hingga berbulan-bulan.

Dikutip NetMeds, anosmia disebabkan oleh saraf yang bertugas mengirimkan sinyak dari hidung ke otak mengalami masalah. Buah dan rempah untuk anosmia Ada beberapa buah dan rempah yang bisa membantu mengatasi masalah penciuman.

Berikut buah dan rempah yang bisa mengatasi hidung tidak bisa mencium bau atau anosmia.

1. Biji jarak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Biji tumbuhan jarak (Rincus communis) yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah penciuman adalah dalam bentuk minyak.

Biji jarak biasa diekstrasi menjadi minyak dan dianggap ampuh mengobati masalah penciuman karena tumbuhan itu mengandung asam risinoleat yang dapat membantu melawan infeksi, mengurangi pembengkakan dan peradangan di saluran hidng.

Minyak jarak bisa digunakan untuk mengatasi anosmia karena pilek atau alergi. Cara memakainya adalah minyak dihangatkan lalu dioleskan pada tepi hidung sekali-kali dalam sehari, saat bangun dan sebelum tidur.

2. Jahe

Jahe mengandung gingerol yang mengeluarkan aroma kuat, sehingga salah satu jenis rempah ini bisa membantu mengatasi hidung tak bisa mencium bau.

Cara pemakaiannya adalah jahe dikupas, lalu digeprek. Selanjutnya diseduh dengan air panas selama 15 menit, kemudian diminum.

3. Daun mint

Daun mint mengandung zat antimikroba dan antiperadangan sehingga bisa digunakan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat yang menjadi penyebab hidung tidak bisa mencium.

Cara pemakaiannya adalah pertama bisa langsung dicium untuk pelatihan mencium bau. Kedua bisa dikonsumsi dengan direbus. Ambil 10 hingga 15 lembar daun mint untuk secangkir air, lalu direbus. Air rebusannya disaring dan ditambahkan sesendok madu, lalu diminum.  Air rebusan daun minta bisa diminum untuk melegakan pernapasan dan mengatasi hidung tak bisa mencium bau.

4. Jeruk lemon

Jeruk lemon bisa digunakan untuk mengatasi masalah penciuman. Jeruk ini mengandung vitamin C, antioksidan dan zat antimikroba dan obat alami untuk anosmia. Sebagaimana jahe dan daun mint, Anda bisa menggunakan lemon untuk melatih penciuman bau. Anda bisa bisa memakainya bersamaan dengan jahe dan mint.

Anda juga bisa mengonsumsinya dengan cara perasan lemon diseduh dengan air hangat lalu dicampur satu sendok teh. Minumlah perasan lemon itu dua kali sehari dan bisa membantu meredakan tenggorokan dan membantu mengobati anosmia.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu rempah yang bisa mengeluarkan bau menyengat. Bawang putih mengandung asam risinoleat, sebuah zat antiperadangan dan antibakteri.

Dua kandungan ini bisa dipakai untuk mengatasi anosmia atau hidung tidak bisa mencium bau. Cara mengatasi anosmia dengan bawang putih adalah, pertama ambil 4 hingga 5 siung bawang putih lalu digeprek atau ditumbuk. Kemudian tambahkan secangkir air mendidih, lalu rebus selama dua menit.

Latihan Penciuman

Air rebusannya bisa diminum selagi hangat dua kali sehari untuk mengatasi anosmia. Demikian manfaat buah dan rempah untuk mengatasi hidung tidak bisa mencium. Namun sebelum melakukan hal itu, konsultasi terlebih dahulu ke dokter. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT