Benarkah Air Beras adalah Kunci untuk Miliki Rambut Sehat?

Sabtu, 26 Juni 2021 - 23:58:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Air beras merupakan cairan bertepung yang didapat dari hasil perendaman beras dalam air, dan dikatakan memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Sudah lama orang-orang, terutama di Asia, memanfaatkan air beras ini untuk kecantikan, baik sebagai masker wajah atau untuk menutrisi rambutnya agar sehat, kuat, dan berkilau.

Shilpi Khetarpal, MD, seorang dokter kulit menjelaskan bahwa air beras memang mengandung banyak nutrisi, termasuk antioksidan yang dikenal sebagai inositol, yang disebut-sebut dapat meremajakan rambut.

Perlu diketahui bahwa air beras juga kaya akan:

  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Serat
  • Magnesium
  • Mangan
  • Seng
  • Manfaat air beras untuk rambut

Mereka yang sudah mencobanya mengatakan bahwa air beras dapat membuat rambut kita lebih berkilau dan lebih kuat, serta meminimalkan kekusutan yang mengganggu.

Namun, manfaatnya terhadap pertumbuhan rambut menjadi hal yang lebih populer.

Legenda mengatakan bahwa air beras telah membantu para wanita di istana kekaisaran Jepang selama periode Heian untuk menumbuhkan rambut panjang menyentuh lantai. Rambut panjang itu disebut kurokami.

Saat ini di China, air beras adalah bagian dari tradisi perawatan yang membuat kota Huangluo mendapat predikat Guinness Book of World Records sebagai “Desa dengan penduduk berambut terpanjang di dunia.”

Tapi apakah air beras benar-benar manjur?

“Tampaknya ada banyak manfaat potensial menggunakan air beras pada rambut kita,” kata Dr. Khetarpal. "Tapi sayangnya belum banyak penelitian ilmiah yang membahasnya." 

Adakah efek samping air beras pada rambut?

Selain menghabiskan persediaan beras di dapur kita, hanya ada sedikit alasan untuk khawatir menggunakan air beras pada rambut kita.

“Tidak ada bahan kimia atau aditif berbahaya di dalamnya, yang membuat kita benar-benar membatasi resiko kerusakan rambut kita,” kata Dr. Khetarpal.

Namun, jika kita mengalami peradangan kulit kepala, Dr. Khetarpal memperingatkan agar tidak menggunakan air beras untuk menghindari iritasi tambahan.

Bagaimana membuatnya?

Ada tiga cara utama untuk membuat air beras, antara lain:

  1. Merendam beras dalam air selama 30 menit hingga dua jam, lalu gunakan air rendaman itu untuk mencuci rambut.
  2. Merebus beras beberapa saat, lalu saring airnya, dinginkan, dan gunakan .
  3. Rendam beras selama sehari atau lebih untuk mendapat ramuan yang terfermentasi.

Dr. Khetarpal mengatakan bahwa pilihan pertama memberi kita manfaat terbaik. Pasalnya proses perebusan dapat mengurangi beberapa nutrisi, sementara perendaman yang terlalu lama dapat menambah bakteri ke dalamnya.

Bisakah kita memasak nasi menggunakan beras yang sudah direndam sebelumnya? 

Tentu saja, tidak ada alasan untuk membuang semua beras itu setelah membuat air beras, kata Dr. Khetarpal. Tidak ada proses yang merusaknya sehingga tidak bisa dimakan.

Plus, makan nasi memberi nutrisi bagi tubuh kita, bukan hanya rambut. Sebagai bonus, merendam nasi juga akan mempersingkat waktu memasaknya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT