Tanaman Catnip Memberi Efek Mabuk pada Kucing?

Kamis, 17 Juni 2021 - 00:08:30 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sebagai pemilik kucing kamu mungkin pernah mendengar tentang tanaman catnip, tetapi apakah kamu tahu cara kerjanya, atau mengapa kucing menyukainya? 

Berikut penjelasannya. Catnip adalah tanaman herba dari keluarga mint yang memiliki 250 spesies. Memang tak semua kucing menyukainya, namun sebagian besar kucing terpengaruh karenanya. 

Common Catnip (Nepeta cataria) dan Catmint (Nepeta mussinii) adalah varietas yang paling banyak tersedia. Selain itu, Common Catnip menjadi satu-satunya yang tampaknya paling disukai oleh kucing. 

Sementara spesies catnip mengandung beberapa minyak aromatik, senyawa organik aktif yang bertanggung jawab atas efek yang kita lihat pada kucing disebut nepetalactone. 

Mengapa kucing suka catnip? Kucing menghirup minyak aromatik catnip, di mana mereka bersentuhan dengan reseptor khusus di hidung kucing. 

Reseptor ini terkait dengan otak dan memengaruhi perilaku kucing. Kucing biasanya akan mengendus, menggosok, menjilat, dan mengunyah catnip, yang melepaskan lebih banyak minyak atsiri dan senyawa aktif pengubah suasana hati nepetalactone. 

Tanda-tandanya dapat bervariasi di antara kucing, tetapi sering kali catnip menyebabkan keadaan euforia atau ketenangan. Beberapa efek yang paling umum pada kucing adalah sebagai berikut: 

10-30% kucing tidak menunjukkan efek saat terkena catnip Anak kucing yang sangat muda dan kucing dewasa tidak menunjukkan efek apa-apa, dan bahkan mungkin menghindarinya Beberapa kucing tampak “mabuk” atau “dalam (pengaruh) ekstasi” dan mungkin ngiler atau berguling-guling di lantai. 

Diyakini bahwa ini adalah reaksi serupa yang dialami kucing-kucing ini ketika mereka terkena feromon "merasa sangat baik" yang dilepaskan selama pacaran atau aktivitas seksual Beberapa kucing menjadi hiperaktif dengan vokalisasi, pengejaran, dan perilaku berburu yang berlebihan. 

Beberapa kucing mungkin menunjukkan tanda-tanda agresi 
Kucing biasanya terkena catnip selama 5-10 menit. 
Efeknya kemudian hilang, dan tidak dapat diulang setidaknya selama 1-2 jam. 
Cara terbaik menggunakan catnip 

Jika catnip memiliki efek positif pada kucing, kamu bisa menggunakannya sebagai alat bantu pelatihan atau camilan sesekali. 
Beberapa kegunaan catnip yang disarankan adalah sebagai berikut: 

Gosok catnip ke tiang garukan kucing untuk mendorong penggunaan 
Tempatkan catnip di mainan untuk mengenalkan permainan aktif dan olahraga 
Taburkan catnip di lingkungan baru untuk mendorong kucing pemalu menjadi nyaman dan membantu perkenalan kucing-ke-kucing berjalan lancar 
Gunakan catnip di dalam wadah atau peti untuk mengurangi kecemasan dan menciptakan keadaan sedatif selama perjalanan dengan mobil Yang penting, kucing tidak bisa overdosis pada catnip. 

Mereka tampaknya membatasi diri dan akan menolak tawaran lebih lanjut atau meninggalkan catnip yang ditempatkan setelah beberapa saat. 

Catnip tidak berbahaya atau membuat ketagihan untuk kucing. Ada kemungkinan bahwa penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan respons di masa mendatang, dan paling baik digunakan sesekali. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT