Tips Agar Comfort Food Tidak Bikin Berat Badan Naik

Rabu, 16 Juni 2021 - 17:15:58 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kebiasaan menikmati comfort food memang menenangkan, namun bukannya tanpa risiko. Jika tak terkontrol, aktivitas yang dimaksudkan menghilangkan stres ini malah bisa menyebabkan beban pikiran baru. Setiap orang punya makanan favoritnya masing-masing ketika butuh pelarian dari masalah yang dihadapinya.

Kecenderungannya, makanan ini memiliki kadar lemak, kalori dan gula yang cukup tinggi sehingga buruk untuk kesehatan jika berlebihan. Makanan tersebut memang lezat dan punya efek yang positif pada suasana hati kita.

Sayangnya, dampaknya pada kenaikan berat badan juga tak bisa dipungkiri. Survei yang dilakukan Web MD pada pembacanya menyebutkan, hampir setengah dari wanita dan hampir seperempat dari pria yang menjadi objeknya mengatakan bahwa berat badan mereka bertambah selama pandemi.

Untuk menghindari masalah di kemudian hari, Lesley Rennis, Ketua Departemen Pendidikan Kesehatan City University of New York mengatakan kita bisa mengendalikan dampak stres pada pola makan yang dijalani.  Memang ada sejumlah kandungan yang terbukti memberikan efek menenangkan pada suasana hati. Namun cobalah untuk mencari alternatif yang lebih sehat dan bernutrisi.

“Fokus pada karbohidrat kompleks yang diproses minimal dan karbohidrat tinggi serat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan mencegah fluktuasi gula darah,” katanya.

Dibandingkan tepung, alternatif yang lebih baik seperti ubi jalar, lobak, kacang-kacangan dan buncis. Koleganya, Profesor Pendidikan Kesehatan Jason Bravo menganjurkan membuat sendiri comfort food favorit dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

"Kalau menyukai pasta, kita bisa pilih mie whole grain," jelasnya.

Jika menyukai salad, gunakan sayuran segar yang direbus atau dikukus, bukan versi beku atau kalengan. Pertimbangkan untuk melengkapinya dengan beras merah daripada nasi putih. Cara ini dijamin memiliki lebih sedikit gula, garam, dan lemak serta pengawet. Tubuh juga mendapatkan nutrisi yang lebih sehat dan tentu saja mendukung diet penurunan berat badan. 

Bravo menambahkan, coba gunakan susu skim evaporasi sebagai dasaran krim untuk mendapatkan konsistensi yang lebih kental tanpa tambahan lemak. Untuk makanan manis, es krim sorbet yang terbuat dari buah segar adalah pilihan yang lebih sehat dibandingkan es krim biasa.

Kudapan ini bisa memberikan sensasi halus yang sama pada lidah serta tambahan rasa manis dan segar yang menyenangkan. Jika menyukai
coklat, ganti coklat bercampur susu dengan coklat hitam yang memiliki antioksidan lebih baik. Nutrisi ini terbukti dapat mengurangi peradangan dan
baik untuk kesehatan jantung. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT