Megawati Didukung Maju Jadi Capres 2024, Ini Alasannya

Senin, 07 Juni 2021 - 21:40:44 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sejumlah tokoh nasional mulai mencuat untuk mencalonkan diri atau dimajukan dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Para tokoh itu ada kebanyakan merupakan nama lama yang sudah berkecimpung di dunia politik Tanah Air. Salah satunya Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Direktur Pro Mega Center Mochtar Mohammad mengungkapkan bahwa Megawati Soekarnoputri dinilai layak dan didorong untuk maju menjadi calon presiden atau Capres 2024 nanti.

"PDI Perjuangan memiliki 128 kursi di DPR RI, sedangkan syarat untuk tiket pilpres atau presidensial threshold adalah 115 kursi (20% dari jumlah kursi di DPR RI). Artinya, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang sudah siap tiket di Pilpres," kata Mochtar Mohammad, Senin (7/6/2021).

Pro Mega Center adalah kelompok relawan yang sudah lama aktif mendukung Megawati.

Mochtar mengatakan, Megawati merupakan pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan PDIP di Pilpres 2024 berdasarkan hasil Kongres V di Bali tahun 2019.

Mochtar juga menyebut bahwa terdapat beberapa alasan kuat Megawati berpeluang maju di Pilpres 2024. Megawati dinilai merupakan figur sentral di PDI Perjuangan.

Selain itu, Megawati dinilai berpengalaman dalam menjadi presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi pada 1998.

"Pertama, selain karena Ibu Megawati merupakan pemegang tiket pencalonan sebagaimana amanat kongres, beliau adalah figur sentral di PDI Perjuangan. Kedua, beliau berpengalaman menjadi Presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi dampak dari krisis ekonomi tahun 1998," ujar Mochtar.

"Ketiga, saat ini konsolidasi organisasi PDI Perjuangan hampir rampung, DPC seluruh kabupaten/kota 100 persen selesai, Pimpinan Anak Cabang (PAC/Kecamatan) 100 persen selesai, Pengurus Ranting (tingkat desa/kelurahan) seluruh Indonesia selesai, dan Pengurus Anak Ranting (tingkat RW/Dusun) 60 persen selesai. Dan saat ini partai yang paling disiplin organisasi adalah PDI Perjuangan," sambungnya.

Alasan lain, menurut Mochtar, Megawati dan Joko Widodo memiliki potensi menggalang koalisi besar.

Terlebih, menurutnya, saat ini partai-partai besar telah berapa dikoalisi pendukung pemerintah.

Mochtar mengatakan, majunya Megawati dalam pilpres akan mempercepat konsolidasi organisasi dan meningkatkan perolehan kursi PDIP. Serta gotong royong kader dinilai akan semakin masif.

"Dengan majunya Ibu Megawati, akan mempercepat proses konsolidasi organisasi yang pada gilirannya akan meningkatkan perolehan kursi PDI Perjuangan di semua tingkatan. Sebab, dengan majunya Ibu Megawati semangat gotong royong kader akan semakin masif dan militan, seperti terjadi di Pemilu 1999," tegasnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT