Inilah Boarding School Dengan Konsep Islami di Indonesia

Kamis, 20 Mei 2021 - 11:35:19 WIB
Share Tweet Instagram

Masjid SMA Dwiwarna Boarding School

Metroterkini.comIslamic boarding school atau sekolah asrama islami saat ini cukup banyak bermunculan di Indonesia. Boarding school dengan konsep islami tersebut memiliki konsep yang berbasis pada nilai-nilai keislaman. Sekolah boarding school menyediakan fasilitas asrama sebagai tempat tinggal siswa serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Di Indonesia sendiri konsep boarding school mulai mengalami banyak perkembangan dan kebanyakan telah membuktikan sebagai sekolah unggulan. Ada beberapa jenis boarding school yang ada di Indonesia salah satunya adalah islamic boarding school yang mengedepankan nilai-nilai islami untuk membentuk generasi unggul dan berkualitas.

Pada awalnya boarding school memang mengadopsi konsep dari pondok pesantren dimana siswa akan belajar sekaligus bertempat tinggal dalam satu lingkungan. Perkembangan Islamic Boarding School di Indonesia bisa dikatakan sebagai bentuk modernisasi dari pondok pesantren. Sehingga diharapkan islamic boarding school mampu menjadi alternatif pendidikan islami di era modern ini.

Perbedaaan Islamic Boarding School dan Pondok Pesantren

Meskipun pada awalnya boarding school mengadopsi konsep dari pondok pesantren namun seiring dengan perkembangannya keduanya berbeda. Pada boarding school dengan konsep islami atau islamic boarding school menggunakan kurikulum nasional plus dalam pengajaran kepada siswa. Kurikulum nasional plus adalah kurikulum 13 dan asrama berikut fasilitasnya sebagai plusnya.

Sedangkan pengajaran pondok pesantren lebih menitikberatkan pada pelajaran berbasis agama Islam dan Bahasa Arab sebagai kurikulum pengajaran kepada para santri. Pesantren juga biasanya tidak menggunakan kurikulum yang berlaku dari pemerintah dan tidak mengikuti ujian nasional. Meskipun saat ini sudah ada pesantren yang menyeimbangkan pelajaran umum dan agama.

Mengapa Memilih Boarding School Berkonsep Islami?

Diantara beberapa jenis boarding school mengapa harus memilih yang mengusung konsep islami? Berikut ini beberapa alasan kuat yang melatarbelakangi orang tua memilih islamic boarding school sebagai tempat pendidikan anak-anaknya.

1. Lingkungan Lebih Terkontrol

Lingkungan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pembentukan karakter anak terutama mereka yang memasuki usia remaja. Banyak orang tua di era modern ini yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengawasi anak-anaknya.

Menyekolahkan anak di boarding school islam terbaik merupakan keputusan sekaligus solusi bijaksana. Orang tua yang sibuk tidak perlu lagi merasa kuatir anaknya salah pergaulan karena telah diawasi oleh para guru di sekolahnya.

2. Pergaulan Siswa Terpantau

Kehidupan para siswa yang berlangsung selama 24 jam di dalam lingkungan sekolah dan asrama akan lebih mudah dipantau. Guru dan pembimbing bisa dengan mudah mengetahui apa yang dikerjakan oleh para siswa. Pergaulan mereka bisa diawasi dan akan diberikan pembimbingan jika siswa melakukan kesalahan.

3. Membentuk Akhlak Mulia

Menjadi orang yang pintar dan cerdas dalam ilmu pengetahuan memang sangat penting namun apa jadinya kalau tidak dibarengi dengan karakter yang baik. Disinilah pentingnya membentuk akhlak yang baik di samping kemampuan di bidang akademik.

Menyekolahkan anak pada sekolah asrama berbasis islami akan membentuk mereka sebagai generasi unggulan yang tetap berpegang pada nilai kebenaran sesuai ajaran agama. Sehingga anak-anak nantinya bisa menjadi manusia yang bagus di bidang ilmu pengetahuan sekaligus akhlaknya.

4. Kualitas Akademik

Hampir semua orang tua pastinya ingin anaknya mengenyam pendidikan di tempat terbaik. Prestasi dan reputasi sekolah biasanya akan menjadi pertimbangan orang tua saat memilihkan pendidikan bagi anak-anaknya. Sekolah boarding school berbasis islami yang telah mendapatkan pengakuan dan reputasi bagus dalam prestasi akademik menjadi pilihan utama.

Itulah informasi tentang boarding school dengan konsep islami. Orang tua yang ingin anaknya menjadi orang dengan prestasi akademik yang membanggakan sekaligus memiliki akhlak mulia tentunya lebih memilih sistem ini. Sekolah asrama berkonsep islami sekaligus akan memberikan pembelajaran agama yang baik dan bermanfaat untuk perkembangan anak. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT