Mengenal Bunga Sedap Malam untuk Pajangan Saat Lebaran

Jumat, 07 Mei 2021 - 06:03:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tanaman hias bunga sedap malam lazim dijadikan bahan dasar berbagai produk wewangian, termasuk parfum. Bunga ini memiliki keunikan seperti namanya, yakni hanya mekar dan mengeluarkan aroma saat malam hari.

Bunga sedap malam atau polianthes tuberosa adalah sebuah tumbuhan yang masuk ke dalam golongan umbi-umbian dan menghasilkan minyak untuk digunakan dalam proses pembuatan parfum. Bunga ini juga sering jadi hiasan rumah saat Lebaran, Bunda.

Tanaman hias bunga ini sangat cocok ditanam di taman pekarangan, sehingga bisa memberi keharuman yang menyenangkan pada rumah Bunda.

Setiap negara memanfaatkan bunga sedap malam dengan cara yang berbeda-beda. Di  India dan Bangladesh, bunga ini dijadikan persembahan kepada Tuhan. Sementara itu, Indonesia sering memanfaatkan bunga sedap malam sebagai salah satu bahan makanan.

Banner Dekor Rumah
Nah, bila Bunda berminat untuk memiliki bunga sedap malam, yuk kenali dulu cara perawatannya seperti yang dirangkum dari sumber The Spruce.

1. Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Keuntungan menanam tanaman hias bunga sedap alam adalah aromanya yang semerbak memberikan ambience unik di pekarangan rumah Bunda. Selain itu, perawatan tanaman ini juga cenderung standar.

Bunda dapat memilih lokasi penanaman yang terkena cahaya matahari secara langsung dan memiliki tanah dengan drainase yang baik. Benamkan bibit bunga sedap malam di kedalaman tanah hingga 2 cm, lalu beri jarak antara tanaman sejauh 6 inci.

Selain itu, pastikan tanaman hias ini mendapatkan jumlah air yang banyak ya, Bun. Pasalnya, tanaman ini menyukai tanah yang lembap.

2. Cara Perawatan Bunga Sedap Malam

Menanam tanaman mungkin hal yang mudah ya, Bun. Namun, mempertahankan agar tanaman tetap tumbuh subur dan tidak mudah kering dan mati adalah hal yang lebih sulit untuk dilakukan. 

Sama halnya dengan tanaman lain, bunga sedap malam perlu perawatan yang tepat agar tanaman ini tetap tumbuh optimal. Bunda bisa gunakan pupuk NPK yang memiliki kandungan nitrogen, fosfor dan potasium dalam jumlah 5:10:5, sehingga akan mendorong pembungaan.

Untuk merangsang pertumbuhan dari tanaman hias bunga sedap malam, Bunda harus memotong bunga yang sudah mulai layu dan menguning. Kemudian, potong secara berkala agar tanaman bisa tumbuh baik.

Nah, ketika batang sudah mulai tumbuh, sebaiknya Bunda menyiapkan penyokong agar batang tersebut bisa berdiri dengan baik.

3. Hiasan Cantik di Rumah

Memiliki aroma yang semerbak, tanaman hias bunga sedap malam jadi pilihan yang cocok bila diletakkan di halaman rumah atau teras lho, Bunda. Selain itu, Bunda sedap malam juga bisa jadi tanaman hias dalam vas.

Di momen lebaran seperti ini, biasanya banyak yang berburu bunga ini untuk hiasan di ruang tamu saat Idul Fitri. Tak heran, Bunda. Wanginya memang mampu meningkatkan mood siapapun yang menghirupnya.

4. Varietas Bunga Sedap Malam
Jenis varietas tanaman ini yang bisa Bunda pilih, diantaranya:

Single Mexican:
Paling mudah tumbuh dan paling awal mekar.  Jenis ini memiliki mahkota bunga yang jumlahnya hanya satu baris dan aroma yang lebih kuat daripada bunga sedap malam yang lain.

Pearl Double:
Harumnya mirip varietas single. Jenis ini berukuran lebih pendek dengan jenis bunga yang berwarna putih dan ada yang kemerahan. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT