Tol Pekanbaru-Bangkinang Ditarget Selesai Akhir 2021 

Rabu, 07 April 2021 - 00:05:40 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pembangunan jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer diprediksi akan segera rampung akhir tahun ini. Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Arya Bima saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI meninjau Tol Pekanbaru-Bangkinang menilai progres tol ini berjalan sesuai target.

“Komisi VI hari ini melihat langsung progres pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, sejauh ini sudah berjalan bagus dan sesuai target, aspalnya juga baik. Tentu kita ingin agar proyek ini segera rampung karena dapat mempermudah akses masyarakat dan mobilitas barang,” kata Arya Bima usai meninjau di KM 33 Tol Pekanbaru-Bangkinang, Riau.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta agar pihak pengelola memperhatikan kualitas ketahanan jangka panjang dari pembangunan jalan tol tersebut. Arya Bima menilai kondisi tanah yang digunakan untuk membuat tol memiliki karakteristik berbeda, sehingga akan berdampak terhadap kerusakan jalan pada kemudian hari.

“Sesuai info, kondisi tanah di sini memiliki karakteristik berbeda-beda. Ada yang biasa dan gambut, sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas jalan nantinya. Seperti yang diketahui proyek ini menelan anggaran yang cukup besar, sehingga bisa lebih baik apabila kondisi jalannya bertahan hingga sekian lama,” sebut legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Diketahui Tol Pekanbaru-Bangkinang melintasi lima kecamatan dan 23 desa di Kabupaten Kampar, Riau, di antaranya, Kecamatan Tambang, meliputi Desa Rimbo Panjang, Kualu Nenas, Sungai Pinang, Kuapan dan Kecamatan Kampar Timur serta Desa Pulau Birandang.

Kemudian proyek jalan tol ini juga melalui Kecamatan Rumbio Jaya, meliputi Desa Bukit Kratai, Naga Beralih, Kayu Aro dan Sawah. Selanjutnya Kecamatan Kampar Utara meliputi Desa Sungai Jalau, Muara Jalai, Sungai Tonang. Terakhir Kecamatan Bangkinang di Desa Pasir Sialang. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT