BMKG : Waspada Cuaca Ektrem Sepekan ke Depan  

Sabtu, 03 April 2021 - 13:09:00 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah selama sepekan ke depan. Cuaca ekstrem tersebut disebabkan sejumlah faktor.

"BMKG sebagai Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta mendeteksi adanya 2 bibit siklon tropis, yaitu bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT)," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/4/2021).

Dia menjelaskan keberadaan bibit siklon tersebut secara tidak langsung dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Selain itu, keberadaan bibit siklon dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak peningkatan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia," ujar dia.

Guswanto menjelaskan hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral. Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) juga terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan.

Daerah berpotensi hujan sangat lebat:
1. Sulawesi Selatan
2. Bali
3. Nusa Tenggara Barat
4. Nusa Tenggara Timur

Daerah berpotensi hujan sedang-lebat:
1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Bengkulu
5. Lampung
6. Sumatera Selatan
7. Banten
8. DKI Jakarta
9. Jawa Barat
10. Jawa Tengah
11. DI Yogyakarta
12. Jawa Timur
13. Kalimantan Utara
14. Sulawesi Tengah
15. Sulawesi Tenggara
16. Maluku
17. Papua


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT