Mana Lebih Ampuh Buat Diet, Nasi Merah atau Quinoa

Kamis, 01 April 2021 - 22:13:47 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Nasi menjadi makanan pokok banyak masyarakat Asia, termasuk Indonesia. Bahkan, di Tanah Air, banyak yang menganggap belum makan namanya kalau belum mengonsumsi nasi.

Nasi sendiri terbagi dari berbagai jenis. Mulai dari nasi putih, nasi merah hingga yang belakangan ini populer, quinoa. Terutama bagi mereka yang tengah menjalani program diet.

Namun, di antara ketiga jenis nasi tersebut, manakah yang paling tepat untuk membantu dalam program penurunan berat badan?

Berikut ini rangkumannya, seperti dilansir dari laman Times of India, Rabu, 31 Maret 2021.

1. Nasi putih vs quinoa

Nasi putih merupakan bagian penting bagi banyak orang. Namun, nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Di sisi lain, quinoa, diketahui memiliki kandungan serat, protein dan memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Quinoa juga memiliki karbohidrat yang lebih sedikit.

Satu cangkir quinoa diketahui mengandung protein dua kali lipat dan serat 5 gram lebih banyak daripada nasi putih dalam jumlah yang sama.

Jumlah protein dan serat yang lebih tinggi menjadikannya pilihan yang lebih sehat. Quinoa juga mengisi energi Anda lebih cepat, membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah.

Baik quinoa dan nasi bebas gluten, yang menjadikannya pilihan yang bagus untuk orang yang tidak toleran terhadap gluten.

2. Quinoa vs nasi merah

Kita semua tahu nasi merah adalah pilihan yang lebih sehat daripada nasi putih. Tapi apakah nasi merah lebih bagus dari quinoa? Berbeda dengan nasi putih, nasi merah memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk kadar serat yang tinggi.

Nasi merah juga diketahui memiliki indeks glikemik rendah, mirip dengan quinoa, yang membuat Anda kenyang lebih lama dengan mengonsumsi lebih sedikit porsi makanan.

3. Nasi merah vs nasi putih

Perbedaan manfaat nasi putih dan merah bagi kesehatan terletak pada cara pengolahannya untuk dikonsumsi. Beras putih yang sekam, dedak dan kumannya dibuang selama pemrosesan dan biasanya diperkaya secara artifisial setelahnya memiliki kandungan nutrisi yang sedikit.

Di sisi lain, nasi merah. mempertahankan dedak dan kumannya yang sehat selama proses berlangsung, memungkinkannya mempertahankan nutrisi yang hilang dari nasi putih.

Di sisi lain, nasi merah dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan lebih baik. Selain itu nasi merah dan quinoa juga dapat membantu menjaga berat badan yang lebih sehat, meningkatkan kadar kalium dan menurunkan kolesterol. Semua ini membuat beras merah dan quinoa sebanding dengan makanan sehat.

Jadi mana pilihan yang tepat?

Nasi putih tidak buruk, tetapi tidak memiliki nilai gizi yang cukup sehingga menempatkan nasi putih di posisi ketiga.

Sementara itu, nasi merah dan quinoa adalah pilihan makanan super sehat yang memiliki sumber serat dan mineral yang baik dan secara alami bebas gluten, yang membantu fungsi tubuh seperti pencernaan dan kadar gula darah.[**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT