Aurel Puasa Mutih Jelang Pernikahan, Ini Manfaatnya

Selasa, 30 Maret 2021 - 21:40:44 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Mendekati momen pernikahan yang tinggal menghitung hari, Aurel Hermansyah melakukan puasa mutih. Menu puasa mutih pun dibagikannnya lewat Instagram Story ke 19,5 juta follower-nya.

Dalam unggahannya, tampak putri sulung dari Anang Hermansyah dan Krisdayanti ini hanya makan putih telur, roti tawar dan air putih. "Puasa mutih, katanya supaya nanti pas nikah manglingin, biar cerah, glowing," tulis Aurel pada caption video yang diunggah Senin (29/3/2021).

Rencananya Aurel Hermansyah akan puasa mutih selama satu minggu hingga satu hari sebelum hari pernikahannya dengan Atta Halilintar pada Sabtu (3/4/2021) mendatang. Lewat IGTV Anang Hermansyah, Aurel juga mengungkapkan peride puasa mutih yang dilakukannya.

"Seminggu akan mutih pih," beber Aurel Hermansyah saat ditanya Anang berapa lama dia akan puasa mutih.

Puasa mutih memang lumrah dilakukan calon pengantin menjelang hari pernikahan. Tradisi ini banyak dijalani khususnya dalam budaya Jawa.

Seperti yang telah dijelaskan Aurel Hermansyah dalam unggahan Instagram, puasa mutih bertujuan membuat sang calon pengantin terlihat lebih cantik dan bersinar di hari bahagianya.

Bagaimana puasa mutih dilakukan?

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, calon pengantin hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan berwarna putih. Biasanya ditekankan nasi putih dan air putih.

Selama periode puasa mutih, calon pengantin tidak diperkenankan makan makanan berwarna lain, berbumbu atau memiliki rasa (manis, asin, pahit, asam, pedas) dan berasal dari hewan bernyawa.

Periode puasa mutih bisa berbeda-beda. Ada yang menjalaninya tiga hari, tujuh hari hingga 40 hari. Puasa mutih juga harus diawali dengan niat.

Niat menjalani puasa mutih umumnya diucapkan dalam bahasa Jawa, bahasa Indonesia atau bahasa sesuai asal suku. Namun secara umum niat yang diucapkan adalah sebagai berikut: "Saya niat melakukan puasa mutih."

Setelah melewati puasa mutih, calon pengantin mengharapkan aura yang terpancar saat hari pernikahan sehingga tampak cantik dan manglingi.

Selain itu puasa mutih juga diyakini bertujuan membersihkan energi dan sifat-sifat negatif yang ada dalam jiwa. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT