Cara Menghilangkan Ketombe Menurut Dokter Kulit

Senin, 29 Maret 2021 - 23:38:14 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Permasalahan ketombe menjadi hal yang paling menjengkelkan bagi kebanyakan orang. Ketombe bisa memunculkan rasa gatal di kulit kepala, mengganggu penampilan, hingga menurunkan kepercayaan diri. Bagaimana cara menghilangkan ketombe?

Dr. Jessica Weiser dari New York Dermatology Group menjelaskan ketombe merupakan permasalahan kulit yang disebut dermatitis seboroik. Kondisi yang dapat menyebabkan munculnya serpihan, kemerahan dan gatal ini tidak hanya bisa ada di kulit kepala, tapi dapat juga muncul di alis dan belakang telinga.

Bagaimana ketombe bisa terjadi? Menurut Dr. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, ketombe muncul karena kita memiliki beberapa jamur di tubuh. Saat jamur ini tercampur dengan minyak, muncul ketombe. Jamur semakin banyak seiring semakin meningkatnya produksi minyak pada tubuh.

Berikut ini berbagai cara menghilangkan ketombe menurut dokter kulit:

1. Ubah Pola Makan
Menurut Dr. Macrene Alexiades-Armenakas, seorang dokter kulit yang tinggal di New York, nutrisi yang buruk dapat menyebabkan ketombe. Dikatakannya, makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan penumpukan glikogen di kulit, yang menjadi makanan jamur.

Dr. Zeichner pun mengungkapkan pendapat serupa. Makanan dapat memicu jerawat dapat memperburuk permasalahan pada ketombe. "Karena makanan manis dan produk susu merangsang kelenjar sebaceous, yang menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit. Jadi mulai sekarang, kamu perlu mencoba menghentikan karbohidrat dan gula jika kamu rentan terhadap ketombe," sarannya.

2. Mulailah Keramas Lebih Sering
Cara menghilangkan ketombe menurut dokter adalah dengan rutin keramas. "Minyak dan sel kulit mati akan semakin menumpuk akibat jarang mencuci rambut. Pasien yang rentan terhadap ketombe atau dermatitis seboroik harus mencuci rambut secara teratur minimal beberapa kali seminggu untuk mengurangi penumpukan," jelas Dr. Jessica Weiser seperti dikutip dari The Cut.

3. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Eksfoliasi Kulit Kepala
Eksfoliasi ternyata bukan hanya untuk wajah saja. Sama seperti pengelupasan kulit pada wajah, pengelupasan pada kulit kepala juga bisa dilakukan dengan mengangkat lapisan atas kulit kering. Eksfoliator kulit kepala biasanya mengangkat kulit mati dengan sedikit asam salisilat (lebih sering ditemukan pada produk jerawat).

4. Coba Masker Minyak Hangat
"Perawatan berbasis minyak dapat membantu menyeimbangkan beberapa produksi minyak berlebih di kulit kepala," kata Dr. Weiser. "Menerapkan minyak ke kulit kepala akan membantu menarik minyak dan menghilangkannya. Itu adalah hukum tarik-menarik klasik, di mana zat-zat yang mirip menarik satu sama lain," tambahnya.

Cara menghilangkan ketombe bisa dengan memanaskan minyak kelapa di dalam microwave. Kemudian oleskan minyak setelah kondisinya hangat alias tidak terlalu panas, ke kepala. Berhati-hatilah agar minyak tidak terlalu panas karena dapat meningkatkan risiko kulit kepala terbakar.

5. Gunakan Cuka Sari Apel
Banyak referensi dari internet yang menyarankan penggunaan cuka sari apel sebagai pengobatan rumahan untuk banyak hal salah satunya sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Benarkah cara ini?

Dr. Zeichner mengatakan memakai cuka sari apel bisa bermangaat karena kandungannya yang memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi sehingga mengurangi jamur pada kulit dan menenangkan peradangan. Tapi Dr. Weiser juga berkata, "Saya umumnya tidak mendukung penggunaan cuka sari apel untuk ketombe, karena ada pengobatan yang lebih efektif yang tersedia."

6. Pakai Shampo Khusus
Shampi khusus ketombe yang mengandung seng atau belerang dapat mengurangi jumlah jamur di kulit kepala. Dr. Weiser mengatakan jika kulit kepala kamu mengalami kemerahan dan iritasi, cobalah shampo yang mengandung zinc pyrithione, ketoconazole dan selenium sulfide. Sedangkan shampo dengan kandungan tea tree dapat mengatasi inflamasi atau peradangan akibat ketombe.

7. Cuci Kulit Kepala Saja
Sayangnya, shampo berketombe biasanya membuat rambut menjadi kering. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, Dr. Weiser menyarankan untuk mengoleskan shampo khusus ketombe langsung ke kulit kepala. "Shampo dan perawatan ini harus dioleskan langsung ke kulit kepala (bukan rambut) dan dipijat dengan lembut di tempatnya selama setidaknya lima menit setiap kali pemakaian," sarannya lagi.

8. Jangan Digaruk
Ketombe bisa membuat kulit kepala terasa sangat gatal. Tapi yang harus kamu ingat jangan menggaruknya karena dapat memperburuk peradangan dan iritasi. Terlebih jika kamu memiliki kuku yang panjang dan tajam, garukan dapat menyebabkan luka terbuka di kulit kepala yang berujung pada infeksi. Dr. Weiser menyarankan untuk melakukan pijatan lembut saja.

Itulah delapan cara menghilangkan ketombe menurut dokter kulit. Jika memang berbagai cara di atas belum ampuh mengatasi ketombe di rambut, tak ada salahnya kamu berkonsultasi langsung ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT