Makanan Mengandung Kolagen Bikin Awet Muda

Senin, 22 Maret 2021 - 23:30:57 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bagi kamu yang gemar mengonsumsi suplemen kesehatan dan kecantikan pasti sudah tidak asing lagi dengan kata kolagen. Sebenarnya apa sih kolagen itu? Dan kenapa sering dihubungkan dengan produk kecantikan? Apakah ada makanan mengandung kolagen yang bisa ditemukan dengan mudah?

Mengonsumsi makanan mengandung kolagen merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan demi mendapatkan kulit sehat dan awet muda. Selain itu usaha lainnya juga perlu dilakukan mulai dari memakai skincare yang tepat dan rutin.

Kenapa perlu kolagen agar kulit sehat dan awet muda? Menurut pakar diet Marisa Moore, kolagen adalah protein pada tubuh manusia. Kolagen terdapat di kulit tubuh, otot, tulang dan jaringan ikat. Fungsi kolagen menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

"Seiring pertambahan usia manusia, tubuh kita memproduksi semakin sedikit kolagen. Seberapa cepat kolagen berkurang tergantung beberapa faktor termasuk lingkungan dan genetik," ujar Marisa Moore dari Academy of Nutrition and Dietetic

Oleh karena itu agar kandungan kolagen dalam tubuh tetap terjaga, kamu perlu melakukan beberapa hal bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam seperti mengonsumsi makanan mengandung kolagen.

Berikut daftar makanan mengandung kolagen:

1. Ikan
Ikan memiliki kandungan asam amino yang berfungsi untuk memproduksi kolagen. Supaya kandungan kolagen yang diterima tubuh maksimal, sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan dengan kulitnya juga. Ada beberapa rekomendasi ikan pilihan yang bisa kamu makan, seperti tuna, salmon atau patin.

2. Paprika Merah
Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam proses produksi kolagen di dalam tubuh. Paprika memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak daripada varietas yang lainnya.

3. Tomat
Tomat juga mengandung kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk produksi kolagen alami. Selain itu, tomat juga mengandung antioxidant lycopene yang bertugas untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan kerusakan kolagen.

4. Kaldu Tulang
Makanan mengandung kolagen berikutnya adalah kaldu tulang hewan. Kolagen dari kaldu tulang bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan memasak daging sapi, ayam atau tulang hewan lainnya sampai mengeluarkan semua nutrisi yang ada di dalamnya. Namun proses ini dapat memakan waktu berjam-jam.

5. Buah Berry
Buah berry kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan produksi kolagen dan menangkal radikal bebas. Berbagai jenis buah berry di antaranya strawberry, blueberi, dan raspberries.

6. Daging Sapi
Daging sapi memiliki kandungan mineral yaitu Zinc yang membantu memproduksi kolagen. Daging sapi memiliki 3 asam amino yang membentuk kolagen, yaitu glisin, prolin dan hidroksiprolin.

7. Buah jeruk
Buah jeruk yang kaya akan vitamin C termasuk ke dalam daftar makanan mengandung kolagen. Buah-buahan sejenis jeruk baik itu jeruk nipis, lemon atau sunkist, memiliki kandungan yang membantu menghubungkan asam amino selama memproduksi kolagen.

8. Telur
Putih telur adalah salah satu komponen utama dalam memproduksi kolagen, karena sangat kaya akan asam amino, yaitu glisin dan prolin.

9. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi termasuk makanan mengandung kolagen. Sayur-sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan zat besi. Klorofil yang terkandung dalam sayuran hijau dapat meningkatkan jumlah prokolagen (prekursor kolagen).

10. Ayam
Ayam memiliki asam amino yang berperan untuk menghasilkan kolagen bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya dengan mengombinasikannya dengan makanan lain seperti sayuran hijau agar produksi kolagen semakin maksimal.

11. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan diketahui mengandung banyak mineral dan protein yang akan membantu kulit menjadi lebih sehat. Salah satu jenis kacang-kacangan yang berkhasiat adalah kacang arab. Jenis kacang ini kaya akan zinc dan vitamin c yang membantuk tubuh memproduksi kolagen.

12. Tiram
Tiram termasuk makanan mengandung kolagen. Makanan laut ini memiliki kandungan mineral yaitu tembaga tingkat tinggi yang dibutuhkan tubuh dalam memproduksi kolagen.

Itulah 12 makanan mengandung kolagen yang bisa kamu konsumsi. Jika asupan berbagai makanan tersebut masih belum mencukupi kebutuhan kolagen harian, kamu bisa menambahkannya dengan mengonsumsi suplemen kolagen. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT