Posramil Panipahan Kembangkan Sayur Hidroponik

Senin, 22 Maret 2021 - 21:04:56 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, pembuatan tanaman hidroponik sayuran oleh Kodim 0321/Rohil, Koramil 04/Kubu, Posramil Panipahan yang bekerjasama dengan Ikatan Alumi Yayasan Perguruan Kartini Panipahan  yang berlokasi di jalan Bijaksana Kepenghuluan Panipahan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau.

Jenis sayur yang dikembangkan melalui sistim hidroponik jenis sawi manis, sayuran kale, sayuran selada hijau serta sayuran pakcoy. Tanaman tersebut dirawat oleh 3 orang anggota TNI-AD Koramil 04/Kubu melalui anggota Posramel Panipahan, Senin (22/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut meliputi perawatan tanaman hidroponik dengan melaksanakan pengecekan kondisi air di bak penampungan, membersihkan wadah media tanam, pengecekan larutan nutrisi dan melakukan penggantian tanaman yang sakit dengan tanaman baru.

Pada prinsipnya perawatan tanaman hidroponik dan konvensional relatif sama, misalnya dalam budidaya konvensional tanaman harus di pupuk.

Koramil 04/Kubu Kapten Inf. Alparisi mengatakan melalui anggota Posramil Panipahan untuk meningkatkan pengetahuan budidaya dengan sistem hidroponik kepada masyarakat dan menjadi aktivitas produktif selama masa pandemi covid-19. Saat covid-19 menjadi wabah dan menyerang berbagai negara di dunia termasuk Indonesia menyebabkan dampak yang kompleks bagi kehidupan masyarakat.

Salah satu dampaknya ialah himbauan untuk tetap di rumah dan sebagian kegiatan dilakukan dari rumah, seperti bekerja dan sekolah. Selama masa pandemi kegiatan harus tetap produktif salah satunya dengan budidaya tanaman.

Budidaya tanaman bisa dilakukan secara mudah dengan sistem hidroponik, Hidroponik merupakan budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media dan menekankan penggunaan air serta asupan nutrisi untuk tanaman.

Budidaya dengan sistem hidroponik dapat dilakukan dengan mudah dan bermanfaat secara materil dan kesehatan, budidaya tanaman menjadi alternatif aktivitas yang produktif di masa pandemi. 

Selain itu, tanaman hidroponik juga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat salah satunya dengan budidaya tanaman. Budidaya tanaman dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. [Mustar]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT