BPPT Kembali Kirim 10 Ton Garam untuk TMC di Riau

Selasa, 16 Maret 2021 - 20:39:55 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pemerintah Pusat melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali mengirimkan garam sebanyak 10 ton untuk Provinsi Riau.

Garam tersebut untuk membantu melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Riau yang akan disemai di awan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di Bumi Lancang Kuning.

Informasi tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Hadi Penandio di Pekanbaru, Selasa (16/3/2021).

"BPPT sudah mengirim garam ke Riau dua kali. Pertama sebanyak 10 ton, dan kedua sama 10 ton juga," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Riau ini.

Dengan begitu, lanjut Hadi, saat ini stok garam di Riau untuk TMC tesedia 10,3 ton. Garam tersebut disimpan di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Untuk tahap pertama garam yang sudah disemai sebanyak 7 ton dari 10 ton. Sehingga stok yang ready sebanyak 10,3 ton garam," terangnya.

Jika stok garam akan habis, tambah Hadi, maka pemerintah pusat akan kembali mengirimkan garam, sehingga TMC tetap bisa dilakukan jika ada awan potensial.

"Artinya stok garam tidak boleh kosong. Kalau mau habis dikirim lagi, karena begitu ada potensial awan langsung dilakukan penyemaian garam," tutupnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT