Honda Bakal Bikin Mobil Baru di Indonesia untuk Dunia

Kamis, 11 Maret 2021 - 23:28:53 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita baru saja selesai bertemu dengan beberapa perwakilan dari perusahaan otomotif yang ada di Jepang. Termasuk, produsen mobil Honda.

Menperin mengatakan, hasil pertemuannya dengan perusahaan berlogo H tersebut sangat positif. Salah satunya, yakni komitmen Honda untuk menambah investasi mereka di Indonesia.

“Honda komitmen ekspansi. Mereka sampai hari ini sudah ekspor sangat besar, dalam hal komponen yang diproduksi di Indonesia,” ujarnya saat konferensi pers virtual yang digelar oleh KBRI Tokyo, dikutip VIVA Otomotif Kamis 11 Maret 2021.

Mengenai jumlah dana yang disiapkan, Menperin mengatakan bahwa nilainya mencapai triliunan rupiah. Investasi itu akan digunakan untuk berbagai keperluan.

“Komitmen Honda sampai 2024 yakni menambah investasi Rp5,2 triliun. Termasuk juga membuat model baru di Indonesia,” tuturnya.

Saat ini, unit mobil Honda yang diproduksi di dalam negeri hanya dikapalkan ke dua negara saja, yakni Vietnam dan Filipina. Namun, hal itu nanti akan berubah.

“Mereka akan ekspor model baru tahun 2022 ke 31 negara, yakni Asia, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Model ini hanya diproduksi di Indonesia,” ungkap Menperin.

Tak hanya itu, mereka juga berencana merelokasi pabrik yang ada di India, ke Tanah Air.

“Fasilitas produksi yang ada di India, akan dipindahkan ke Indonesia,” kata Menperin.

Sebagai informasi, pada akhir tahun lalu Honda harus menutup satu pabrik mobil di India akibat terkena dampak dari pandemi. Padahal, tempat tersebut merupakan salah satu fasilitas produksi kendaraan yang usianya sudah cukup lama. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT