Kemarau, BPBD Gunungsitoli Distribusikan Air Bersih

Selasa, 02 Maret 2021 - 01:40:21 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli Sumatera Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD mendistribusikan air bersih kepada warga Kelurahan Pasar, di dua lokasi yaitu Jl. Sisingamangaraja Tandawana dan Jl. Sudirman Gang Cinta Damai kota Gunungsitoli Sumatera Utara, Senin (1/3/2021).

Hal itu dilakukan BPBD Kota Gunungsitoli untuk mengatasi kelangkaan air bersih akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Pendistribusian air bersih mengunakan mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Gunungsitoli.

Selama musim kemarau telah terjadi penurunan debit dari  sumber mata air, mencapai 39 persen dari rata-rata produksi normal, sehingga pasokan air ke pelanggan oleh Tirta Umbu tidak terpenuhi seperti biasa.

Menyusutnya debit air pada dua sumber air milik Perumda Tirta Umbu, yakni sumber air Kalimbungo dan sumber air Moawö mencapai  0 liter perdetik.

Akibatnya warga Kota Gunungsitoli saat ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih akibat musim kemarau yang berkepanjangan sejak sebulan terakhir.

Distribusi air bersih dari perusahaan umum daerah Perumda Tirta Umbu milik Pemkab Nias yang ada di Kota Gunungsitoli mengalami kekurangan debit dari sumber mata air milik perusahaan tersebut.

Untuk mengantisipasi krisis air bersih tersebut, pemerintah Kota Gunungsitoli melalui BPBD menyalurkan air bersih melalui bantuan mobil tangki di dua lokasi Jl. Sisingamangaraja Tandawana dan Jl. Sudirman Gang Cinta Damai. [epianus]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT