STQ ke-Vlll Tingkat Kampung Harapan Resmi Dibuka

Jumat, 26 Februari 2021 - 02:08:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com -  Camat Sungai Apit Wahyudi, S.STP, yang diwakili Kasi Kesos Nartam, S.Pd, MPd, secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Ke-Vlll, Tahun 2021 Tingkat Kampung Harapan Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, di Mesjid Mardhotillah Dusun Benio Kampung Harapan, Kamis (25/02/2021).

Penghulu Kampung Harapan Loekman Hakim, dalam sambutannya menyampaikan maaf kepada seluruh warga masyarakat Kampung Harapan, terkait STQ yang dilaksanakan tahun ini, tidak semeriah pelaksanaan di Dusun Parit Baru tahun yang lalu.

Menurutnya, adanya wabah virus corona atau Covid-19,  yang sedang melanda daerah ini, sehingga kita terikat kepada peraturan yang telah di tetapkan pemerintah untuk tidak berkumpul bersama-sama seperti sebelumnya, namun begitu rasa kebersamaan masih bisa kita laksanakan, secara sederhana.

Penghulu menjelaskan tujuan dilaksanakannya STQ ini, adalah untuk menyaring Qori dan Qori'ah yang diikuti lebih dari 60 orang jumlah peserta. "Mudah-mudahan dari jumlah tersebut, akan bisa kita cari duta- duta yang terbaik untuk mewakili Kampung Harapan ke tingkat Kecamatan yang akan dilaksanakan di Kampung Mengkapan nantinya, sebagai tuan tumah," tambah Penghulu.

Disela acara tersebut, Penghulu Loekman juga tidak lupa berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya warga Kampung Harapan, apa bila membuka lahan, atau kebun, Sawah dan ladang, agar tidak dengan cara membakarnya, karena sanksi dan hukumnya bagi yang membakar lahan, sangatlah berat.

Sementara Camat Sungai Apit yang diwakili Kasi Kesos Nartam, S.Pd, M.Pd, mengatakan bahwa tujuan kegiatan MTQ dan STQ itu adalah, memelihara, meningkatkan, pengamatan, penghayatan serta penyebarluasan Alqur'an dan Hadist ,sekaligus sebagai semangat dalam pembangunan Nasional, sesuai Peraturan Menteri Agama No, 15, tahun 2019.

"Dapat kita perhatikan, memelihara apabila tingkat kompetensi keagamaan kita sudah cukup tinggi, maka redaksinya adalah pemeliharaan, tapi kalau pas- pasan, maka perlu pembinaan," tambah Nartam.

Dipenghujung acara pelaksanan seleksi Tilawatil AlQur'an ke Vlll itu, Nartam, membawa seluruh yang hadir memohon kepada Allah SWT, semoga acara tersebut berjalan dengan lancar dan aman,  tanpa ada suatu masalah apa pun. "Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan membaca Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim, STQ ke Vlll  tahun 2021 tingkat Kampung Harapan, resmi saya buka," kata Nartam. [Ibrahim]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT