Jum'at, Tiga Pasangan Kepala Daerah di Riau Dilantik

Jum'at, Tiga Pasangan Kepala Daerah di Riau Dilantik

Metroterkini.com - Pelantikan tiga bupati/walikota terpilih di Provinsi Riau akan dilaksanakan secara langsung, Jumat (26/2/2021).

Pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah itu adalah Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Walikota dan Wakil Walikota Dumai, serta Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti.

Pelantikan sendiri akan dipusatkan di Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru pada pukul 09.00 WIB.

Demikian disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman, Rabu (24/2/2021) di Pekanbaru.

Sudarman menjelaskan, pelantikan bupati/walikota di Riau secara langsung setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Dari hasil rapat persiapan pelantikan bupati/walikota terpilih dengan pihak Kemendagri tadi, bahwa pelantikan bupati/walikita di Riau boleh dilaksanakan secara langsung," katanya.

Sudarman mengatakan, pelantikan tiga kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih di Riau akan dipimpin langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

"Tiga daerah itu yang sudah keluar jadwal pelantikannya oleh Kemendagri, sehingga bisa dilakukan pelantikan.

Nanti yang melantik pak Gubernur Syamsuar. Pelantikan di Gedung Daerah jam 09.00 WIB," terang Sudarman.

Disinggung teknis pelantikan, Sudarman menyatakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

"Nanti tamu undangan pelantikan akan dibatasi. Yang boleh hadir hanya keluarga inti dari kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik," ujarnya.

Sedangkan bagi masyarakat atau simpatisan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang ingin menyaksikan pelanikan, tambah Sudarman, maka pihaknya juga akan menyiarkan secara live.

"Pelantikannya menggunakan metode hybrid, selain dilakukan secara langsung, juga akan disiarkan secara live," ujarnya.

Kepala daerah yang dilantik Gubernur Riau adalah, Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Kasmarni dan Bagus Santoso.

Kemudian Walikota dan Wakil Walikota Dumai, Paisal dan Amris. Serta Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil dan H Asmar. [***]

Berita Lainnya

Index